Minggu, 13 Juni 2021

2 Hari Menikah, Wanita Ini Jadi Donor Ginjal untuk Mantan Istri Suaminya

Baru saja menikah, wanita tersebut langsung menjalani operasi donor ginjal.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pendonor ginjal rumah sakit. (Unsplash)
Ilustrasi pendonor ginjal rumah sakit. (Unsplash)

Dewiku.com - Seorang wanita memilih menjadi donor ginjal untuk mantan istri suaminya. Tak hanya ikhlas mendonorkan ginjal, proses operasi dilakukan hanya dua hari setelah menikah.

Melansir Fox News, wanita bernama Debby Neal-Strickland itu telah 10 tahun berpacaran dengan suaminya, Jim Strickland.

Jim sendiri sebelumnya pernah menikah dengan wanita bernama Mylaen Merthe. Keduanya ini sudah dua dekade bercerai, tapi tetap berkawan baik.

Di sisi lain, Mylaen sudah lama mengidap kelainan pada ginjalnya. November 2020 lalu, fungsi ginjal Mylaen dinyatakan hanyalah 8 persen.

Mylaen sebenarnya telah mencoba meminta saudaranya menjadi donor ginjal. Namun, ginjal saudara laki-laki Mylaen rupanya tidak cocok.

Ketika mengetahui hal itu, Debby pun tergerak untuk membantu. Ia juga tak keberatan walau Mylaen adalah mantan istri suaminya.

Ilustrasi transplantasi ginjal. (Shutterstock)
Ilustrasi transplantasi ginjal. (Shutterstock)

Debby mengungkapkan, hatinya merasa tergerak karena Mylaen akan segera menjadi seorang nenek. Namun, ada kemungkinan Mylaen tak akan sanggup bertahan hingga cucunya dilahirkan.

Selain itu, Debby ternyata juga punya saudara yang meninggal karena tidak mendapat donor organ tepat pada waktunya. Oleh karenanya, ia semakin mantap dan memutuskan untuk merelakan satu ginjalnya.

"Saat seseorang butuh organ, ketika mereka tak mendapatkannya, besar kemungkinan mereka tak bakal selamat. Aku tahu ini adalah sesuatu yang harus dilakukan secara cepat," ungkap Debby.

Setelah melakukan tes, Debby dinyatakan cocok dengan Mylaen. Hanya saja, tanggal operasi transplantasi rupanya cuma dua hari setelah pernikahan.

Mulanya, Debby sempat ingin menunda acaranya, tapi teman-temannya mendorong Debby untuk tetap menggelar pernikahan karena telah 10 tahun berpacaran.

Haru, Wanita Ini Jadi Donor Ginjal untuk Mantan Istri Suaminya (facebook.com/Mylaen Anderson-Merthe)
Haru, Wanita Ini Jadi Donor Ginjal untuk Mantan Istri Suaminya (facebook.com/Mylaen Anderson-Merthe)

Akhirnya, dua hari setelah menikah, Debby benar-benar menjalani operasi transplantasi ginjal. Proses donor ginjal berjalan lancar, dan Mylaen sekarang tampak lebih sehat dibanding sebelumnya.

"Ini adalah hari paling menakjubkan dalam hidupku, sampai dua hari kemudian. Itu juga hari paling menakjubkan dalam hidupku," tutur Debby soal pernikahan dan donor ginjal yang dia lakoni.

"Inilah dunia yang semestinya. Keluarga. Kami harus saling membantu. Dia menyelamatkan hidupku," ungkap Mylaen yang tentu sangat berterima kasih kepada Debby.

Terkait

Terkini