Kamis, 24 September 2020

Si Dia Hobi Mengkritik? Simak 5 Tips Menghadapi Pasangan Kayak Begitu

Pasangan yang hobi mengkritik dapat membuat hubunganmu berantakan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pasangan bertengkar karena masalah keuangan. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar karena masalah keuangan. (Shutterstock)

Dewiku.com - Tak semua orang mampu bersikap positif setiap waktu. Meski begitu, ada pula mereka yang cenderung negatif dan hobi mengkritik sepanjang waktu.

Kalau kamu mempunyai pasangan yang hobi mengkritik, wajar apabila kamu mudah merasa kesal dan marah. Bahkan, bisa saja kamu malah dijadikan target kritikan.

Bagi kamu yang punya pasangan hobi mengkritik dan tetap ingin mempertahankan hubungan yang ada, kamu harus tahu cara menghadapinya lebih dulu.

Melansir Your Tango, inilah 5 tips yang bisa kamu praktekkan untuk menghadapi pasangan yang suka mengkritik.

1. Memahami alasan pasanganmu

Ada alasan mengapa beberapa orang cenderung hobi mengkritik yang lain. Biasanya, seseorang menjadi hobi mengkritik karena kerap dijadikan target kritikan saat masih kecil dulu. Akibatnya, mereka akan balas mengkritik sebagai bentuk pertahanan.

Selain itu, orang yang hobi mengkritik mempunyai rasa percaya diri yang rendah. Biasanya, mereka mengkritik orang lain demi membangkitkan rasa percaya diri mereka.

Ilustrasi insecure / kurang percaya diri (Moose/pexels)
Ilustrasi insecure / kurang percaya diri (Moose/pexels)

2. Pahami dirimu sendiri

Setelah memahami alasan pasanganmu, sekarang giliranmu untuk memahami diri sendiri. Apa yang harus kamu lakukan agar tetap tenang saat dikritik?

Jangan sampai kamu justru balik mengkritiknya. Interaksi macam ini hanya akan membuat kalian berdua semakin tersakiti.

Cara termudah untuk menghadapi mereka adalah mengucapkan terima kasih atas kritikan yang diberikan dan melupakannya. Jangan anggap kritikan itu sebagai sesuatu yang personal.

3. Mencoba mencari tahu fakta yang ada

Setelah memahami diri sendiri dan pasangan, kini kamu dapat bersikap netral dalam mendengarkan kritikan.

Dengarkan apa yang mereka katakan dengan objektif dan terima kritikan yang dirasa berguna bagi hubungan kalian. Lalu, lihat pula fakta yang ada.

Dengan begini, kamu bisa memilah mana kritikan yang mestinya kamu terima dan mana yang tidak. Kamu juga tidak perlu mendendam padanya.

Ilustrasi pasangan. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi pasangan. (Sumber: Shutterstock)

4. Ekspresikan juga perasaanmu

Kalau kritikan yang dilontarkan pasanganmu mulai menyakiti hubungan kalian, jangan ragu untuk angkat bicara. Namun, biarkan mereka selesai berbicara lebih dulu.

Ekspresikan perasaanmu setelah situasi di antara kalian membaik. Gunakan kata-kata yang tidak berpotensi membuat mereka merasa direndahkan.

Kuncinya, kamu harus jujur dalam mengekspresikan perasaan. Ungkapkan juga niatmu untuk memperbaiki hubungan kalian menjadi lebih baik.

5. Cari bantuan

Ada banyak masalah dan hal-hal yang disembunyikan oleh seseorang yang hobi mengkritik. Walau telah berusaha untuk bersabar, kamu belum tentu bisa mengubah mereka. Untuk itu, jangan takut untuk meminta bantuan.

Coba yakinkan mereka untuk melakukan konseling sebagai pasangan. Dengan begitu, dia tak bakal tersinggung dan merasa dikritik.

Ingatlah bahwa mayoritas orang yang hobi mengkritik tidak melakukannya karena mereka ingin melukaimu. Alih-alih, sifat negatif tersebut adalah bentuk pertahanan diri.

Terkait

Terkini