Minggu, 27 September 2020

Hati-Hati, 7 Kebohongan Ini Berpotensi Menghancurkan Hubungan!

Ini 7 jenis kebohongan yang harus kamu waspadai saat menjalin hubungan asmara.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Dewiku.com - Untuk menjalin hubungan sehat, diperlukan rasa percaya antara dirimu dan pasangan. Salah satu cara membangun rasa percaya adalah bersikap jujur.

Sebaliknya, jika kamu dan pasangan terbiasa berbohong, hal ini akan menghancurkan rasa percaya di antara kalian berdua.

Bukan hanya berbohong terkait hal-hal penting, kebohongan kecil juga dapat berdampak buruk pada suatu hubungan. Pasalnya, seseorang yang terbiasa berbohong akan terus mengulang kebiasaan tersebut di masa depan.

Melansir Bustle, terdapat 7 jenis kebohongan yang dapat merusak hubungan. Hati-hati jika kamu dan pasangan masih suka berbohong soal hal-hal berikut ini.

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

1. Interaksi dengan orang lain

Pasanganmu mungkin memang tak selingkuh. Namun, dia suka menyembunyikan interaksinya dengan mantan pacar atau lawan jenis yang menarik.

Hal ini bisa berdampak buruk bagi sebuah hubungan. Jika pasanganmu tidak melakukan sesuatu yang salah, untuk apa mereka menyembunyikan interaksi yang ada?

Menurut psikolog dr. Catherine Jackson, pasangan yang baik tak bakal berbohong soal ini, termasuk kalau mereka bertemu mantan pacar.

2. Uang

Berbohong soal uang juga bisa menjadi masalah besar, terlebih jika kalian telah berencana untuk membangun hubungan jangka panjang.

Hati-hati kalau kamu atau pasangan berbohong soal jumlah utang, status pekerjaan, hingga jumlah pembelian. Jika tidak diatasi, masalah uang bisa membawa dampak buruk dalam jangka panjang.

3. Masa lalu

Ketika pertama kali berpacaran, wajar jika kamu atau pasangan ingin menyembunyikan masa lalu. Namun, hal ini harus berubah kalau kalian ingin melangkah ke jenjang lebih serius.

"Kalau hal-hal besar dari masa lalu tidak dibagikan, kamu akan cemas memikirkan apa saja yang disembunyikan pasanganmu," ujar dr. Catherine Jackson.

Kamu dan pasangan harus sama-sama dapat membangun suasana yang nyaman, kemudian membagikan masa lalu kalian tanpa takut dihakimi.

Hati-Hati, 7 Kebohongan Ini Berpotensi Menghancurkan Hubungan! - 2

4. Belum move on dari mantan

Waspadalah kalau pasanganmu berbohong bahwa dia sudah move on dari mantan, padahal kenyataannya dia masih memikirkan mantan. Hubungan macam ini tidak akan berhasil.

Ini artinya, pasanganmu tak bisa jujur dengan perasaan mereka sendiri. Mereka juga jadi lebih rentan selingkuh.

5. Hubungan seksual

Masalah tentang hubungan seksual mungkin terasa sulit dibicarakan. Namun, sebisa mungkin kalian harus mengomunikasikannya secara terbuka juga.

Jangan malu mengungkapkan keinginanmu seputar hubungan seksual. Jika salah satu dari kalian merasa tidak puas, perselingkuhan semakin rawan terjadi.

6. Batasan pribadi

Setiap orang punya kebutuhan dan batasan mereka masing-masing. Pasangan yang terlalu baik dan tak bisa berkata "tidak" malah akan membawa dampak buruk.

Kamu dan pasangan harus dapat membuat satu sama lain merasa nyaman. Diskusikan apa saja batasan kalian.

Ilustrasi pasangan bertengkar (shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar (shutterstock)

7. Tujuan hidup pasangan

Terakhir, jangan menyembunyikan tujuan hidupmu dari pasangan. Bagi kalian yang ingin menjalin hubungan jangka panjang, topik ini jelas sangat penting dibicarakan.

Jangan berbohong ketika membicarakan pernikahan, anak, atau tempat tinggal di masa depan nanti.

Komunikasi adalah kunci penting di dalam sebuah hubungan sehat. Agar kamu maupun pasangan tak tergoda untuk berbohong, cobalah membangun komunikasi yang baik dan jujur.

Terkait

Terkini