Kamis, 01 Oktober 2020

Bikin Pusing dan Geregetan, Ini 7 Tanda Tipe Mertua Toksik

Tipe mertua seperti di bawah ini bahkan bisa mengancam pernikahanmu.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi ibu mertua. (Unsplash/Meghan Holmes)
Ilustrasi ibu mertua. (Unsplash/Meghan Holmes)

Dewiku.com - Menikah bukan berarti jaminan hubunganmu dengan pasangan akan selamanya berjalan mulus dan lancar. Sebaliknya, kamu pun mesti siap menghadapi berbagai macam masalah rumah tangga, termasuk soal mertua.

Bagi kamu yang punya mertua baik hati dan tidak suka ikut campur dalam urusan pernikahan, kamu patut bersyukur.

Namun, bagaimana kalau orang tua pasanganmu termasuk tipe yang toksik dan bisa mengancam pernikahanmu?

Melansir dari laman Bustle, inilah beberapa tanda kamu mempunyai mertua toksik serta bagaimana cara mengatasinya.

1. Mertuamu akan mencoba membuatmu dan pasangan bertengkar

Sebuah hubungan rumah tangga bisa berubah negatif saat mertua terlalu ikut campur. Tipe mertua macam ini bakal berusaha untuk mengadu domba dirimu dan pasangan.

Untuk mengatasinya, kamu mesti bekerja sama dengan pasanganmu dan saling percaya. Abaikan apa yang dikatakan mertuamu.

Ilustrasi mertua bertengkar dengan menantu [shutterstock]
Ilustrasi mertua bertengkar dengan menantu [shutterstock]

2. Senang ikut campur dalam pengambilan keputusan rumah tangga

Siapa yang tak kesal kalau melihat mertua ikut campur dalam pengambilan keputusan? Mulai dari masalah anak hingga rumah, mereka akan mencoba untuk memengaruhi keputusanmu dan pasangan.

Jika kamu punya mertua seperti ini, bersikaplah tegas. Katakan padanya bahwa ini adalah urusan rumah tangga kalian. Opsi lain, kamu dapat pura-pura mendengarkan mereka saja.

3. Mereka membuatmu terlihat buruk

Kalau mertua tidak menyukaimu, bisa jadi mereka akan membuatmu merasa tidak pantas untuk menikahi anak mereka. Tipe mertua seperti ini juga tak segan mengatakan hal-hal buruk.

Daripada lelah menjelaskan, batasi saja interaksimu dengan mertua seperti ini.

4. Mertua tidak menghargai kebebasanmu

Setelah menikah, wajar kalau kamu dan pasangan ingin berfokus pada rumah tangga kalian. Namun, mertuamu suka mendadak datang dan tidak menghargai waktu kalian sebagai pasangan.

Jelaskan dengan hati-hati pada mereka bahwa kamu butuh waktu dengan pasanganmu. Usahakan pula agar kamu tampak tetap sopan agar tak makin dibenci.

Ilustrasi bertemu mertua. (Shutterstock)
Ilustrasi bertemu mertua. (Shutterstock)

5. Kamu diperlakukan seperti anak-anak

Bukan hanya ikut campur, mertuamu juga suka memperlakukanmu seperti anak-anak. Misalnya saja, mereka ikut mengomentari cara makanmu.

Dalam kasus ini, kamu mesti berani bersikap tegas. Katakan bahwa kamu sudah dewasa dan menikah, bukan lagi anak-anak yang harus dinasihati.

6. Mertua sengaja mengabaikanmu

Dari semua tipe mertua toksik, tipe yang satu ini paling menyakitkan. Sebab, mereka terang-terangan mengabaikan kehadiranmu.

Kalau hal ini sampai membuatmu kesal, cobalah ajak mereka berbicara secara langsung. Namun, jika kamu masih diabaikan, kamu boleh balik mengabaikan kehadiran mereka.

7. Mereka hobi bergosip tentang dirimu

Terakhir, ada mertua yang diam-diam hobi bergosip tentang dirimu kepada orang lain. Tanpa sadar, kamu pun jadi mempunyai reputasi buruk.

Dalam kasus ini, katakan dengan jelas bahwa kamu tahu perbuatan mereka. Tanyakan apakah kamu pernah berbuat salah. Kalau iya, beritahu mereka untuk langsung membicarakannya denganmu alih-alih bergosip.

Terkait

Terkini