Rabu, 28 Oktober 2020

Mengapa Kita Bisa Menikahi Orang yang Salah? Ini Penjelasannya

Pakar mengungkap alasan mengapa kita bisa menikahi orang yang salah.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
cloud_download Baca offline
Perempuan sedih. (Unsplash/Aricka Lewis)
Perempuan sedih. (Unsplash/Aricka Lewis)

Dewiku.com - Setiap orang punya standarnya masing-masing dalam memilih pasangan ideal. Anehnya, meskipun pasangan sudah melewati proses seleksi ketat sebelum menikah, selalu saja ada orang yang kemudian mengeluh bahwa mereka menikahi orang yang salah.

Melansir Your Tango, seorang penulis bernama Alain de Botton mengungkap alasan di balik itu semua. Berikut rangkumannya yang bisa direnungkan sebagai pembelajaran bersama.

Menjadi sempurna untuk calon pasangan

Kebanyakan orang akan bersikap sempurna di hadapan calon pasangan untuk meyakinkan mereka, bahwa pilihannya tak akan salah. Padahal itu justru berkibat fatal ketika sudah menjalani biduk rumah tangga.

Mereka yang selama ini menutupi kekurangannya tidak mungkin melakukan itu seumur hidup. Suatu saat, mereka akan menunjukkan sifat aslinya dan itu akan membuat kaget pasangan setelah menikah.

"Pernikahan berakhir sebagai pertaruhan penuh harap yang dilakukan oleh dua orang yang belum tahu siapa mereka atau siapa yang lain. Mengikat diri mereka ke masa depan yang tak bisa mereka bayangkan dan dengan hati-hati menghindari penyelidikan," katanya.

Ilustrasi Pasangan Berlibur. (Pixabay.com/tiburi)
Ilustrasi Pasangan Tidak Bahagia. (Pixabay.com/tiburi)

Tidak bisa membedakan kebahagiaan dan kebersamaan

Kebanyakan orang bakal menikah dengan harapan bisa hidup bahagia, padahal untuk mendapatkan kebahagiaan ada proses kebersamaan yang harus dilewati.

De Botton berkata, saat setiap orang fokus pada kebahagiaan, sebenarnya yang mereka butuhkan dan inginkan adalah kebersamaan. Tanpa kebersamaan, sebuah hubungan akan terasa hampa dan kita tak bisa merasa bahagia.

Sebenarnya dua hal itu saling berkaitan. Namun, orang-orang sering fokus pada setiap kata secara mandiri. Itulah sebabnya, mengapa setiap orang pernah merasa tidak bahagia atau bahkan seperti menikahi orang yang salah.

Terkait

Terkini