Sabtu, 26 September 2020

Jangan Salah! Cowok Baik-Baik Juga Bisa Selingkuh, Berikut Penyebabnya

Semua orang berpotensi selingkuh, termasuk mereka yang kamu anggap cowok baik-baik.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pasangan selingkuh. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi pasangan selingkuh. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Dewiku.com - Awalnya, kamu merasa seperti sudah sangat yakin telah memilih pria baik-baik sebagai pasangan. Namun, mengapa pada akhirnya kamu tetap sakit hati karena dia selingkuh? Mengapa mereka tega berkhianat dan menyakitimu?

Pada dasarnya, semua orang berpotensi untuk selingkuh, termasuk soal berbagai alasan yang mungkin menjadi latar belakangnya.

Melansir Yourtango, seorang Life, Adversity and Reinvention Coach bernama Jess Brighton mengungkapkan sejumlah pola perilaku sebagai alasan setiap pria bisa berselingkuh.

Ilustrasi pasangan yang selingkuh. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan yang selingkuh. (Shutterstock)

1. Punya pola komunikasi yang buruk dalam hubungan asmara

Dia patut diacungi jempol dalam berbagai bidang. Namun ketika harus memahami perasaan sendiri dan secara efektif mengomunikasikannya denganmu, dia benar-benar buruk.

Dia mungkin menginginkan sesuatu, mencoba membicarakannya beberapa kali tapi gagal. Pada suatu titik, dia akhirnya kehilangan kesabaran, kesal, dan malah membenarkan dirinya sendiri untuk mencari pelarian di luar hubungan kalian.

2. Merasa insecure

Banyak pria mencintai pasangannya, hidup bahagia, tapi masih sempat melirik perempuan lain. Dalam hal ini, perselingkuhan bisa jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan masalah yang mungkin terjadi antara dia dan kamu.

Dia cuma insecure dengan dirinya sendiri. Lalu, dia merasa perlu membuktikan kepada diri sendiri bahwa tak seburuk yang dia khawatirkan dengan cara mencari pengakuan dari wanita lain.

Ilustrasi pasangan kekasih berpelukan. (Unsplash/Candice Picard)
Ilustrasi pasangan kekasih berpelukan. (Unsplash/Candice Picard)

3. Berusaha menghindari konflik dalam suatu hubungan

Menghindari konflik adalah contoh lain dari betapa buruknya cara dia berkomunikasi dengan pasangan. Bukan membicarakan perasaan atau kebutuhannya denganmu, dia lebih memilih menghindari diskusi yang tidak nyaman karena tak mau ada konflik.

Dia justru mencari wanita lain untuk mendapatkan apa yang menurutnya hilang dalam hubungan kalian berdua. Sayangnya, bukankah dampaknya justru bisa lebih buruk jika dia ketahuan selingkuh?

4. Menganggapnya win-win solution

Dari sudut pandangnya, tak masuk akal untuk mengecewakanmu atau membahayakan hubungan dengan mengemukakan topik-topik sensitif. Bagaimanapun, kalian mesti bersama dan berdamai dengan segala situasi.

Sebagai gantinya, dia menjalin hubungan lain untuk mendapatkan apa yang tak bisa didapatkan darimu. Dalam benaknya, ini adalah win-win solution. Dia tetap tenang karena kamu bahagia dan tak menyadari adanya masalah.

Bagaimanapun, pola komunikasi memegang peranan sangat penting. Kalau pasangan dapat saling mengungkapkan perasaan dan kebutuhan serta mendiskusikan solusi terbaiknya bersama, jauh lebih kecil kemungkinannya bagi seseorang untuk membenarkan perselingkuhan.

Terkait

Terkini