Rabu, 01 April 2020

10 Wilayah Ini Punya Penduduk Paling Romantis di Indonesia, Mana Saja?

Inilah 10 wilayah dengan penduduk paling romantis di Indonesia berdasarkan Indeks Romantis.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Merayakan Hari Valentine. (Pixabay/jil111)
Merayakan Hari Valentine. (Pixabay/jil111)

Dewiku.com - Hari kasih sayang atau hari Valentine baru saja berlalu. Demi merayakan momen ini, banyak muda-mudi yang sibuk menyiapkan kejutan paling romantis untuk pasangannya, mulai dari kado berupa barang, kencan istimewa, hingga liburan romantis.

Portal diskon tanah air CupoNation menganalisis minat orang Indonesia dalam merayakan hari Valentine. Hasilnya, terungkap 10 wilayah dengan penduduk paling romantis di Indonesia berdasarkan Indeks Romantis.

Indeks romantis ini dihitung melalui popularitas rata-rata dari volume penelusuran yang berkaitan dengan hari Valentine menggunakan kata kunci 'Hari Valentine', 'Valentine’s day', 'Romantis', 'Romantic', serta 'Hari Kasih Sayang' dalam skala 0 sampai 100 untuk periode 1 Januari 2018 - 31 Januari 2019 via Google Trends.

Hasil yang didapat menunjukkan kalau penduduk Sulawesi Utara adalah penduduk Indonesia yang paling romantis. Hal itu karena penduduknya adalah yang paling banyak mencari tahu tentang hari Valentine serta ide romantis melalui mesin pencari Google.

Ilustrasi bola lampu cinta. (Unsplash/liu yunyi)
Ilustrasi bola lampu cinta. (Unsplash/liu yunyi)

Selengkapnya, ini dia penduduk wilayah di Indonesia yang paling romantis:

  1. Sulawesi Utara
  2. Maluku
  3. Nusa Tenggara Timur
  4. Bali
  5. Papua
  6. Sulawesi Tengah
  7. Papua Barat
  8. Riau
  9. Sumatera Utara
  10. Kalimantan Barat

Pencarian online tentang 'Hari Valentine' di Indonesia memang meningkat. Berdasarkan hasil studi, volume pencarian online pada mesin pencari Google untuk kata kunci 'Hari Valentine' meningkat sebanyak 6% di tahun 2019 jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini menunjukkan semakin banyak orang Indonesia yang antusias dan mencari tahu hal-hal seputar Valentine untuk merayakannya bersama pasangan mereka.

Ilustrasi kado Valentine. (Unsplash/Miroslava)
Ilustrasi kado Valentine. (Unsplash/Miroslava)

Berdasarkan volume penelusuran online terhadap kata kunci 'Hari Valentine', didapat fakta bahwa penduduk Papua paling banyak melakukan penelusuran online tentang hari Valentine. Sedangkan posisi kedua ditempati wilayah Sulawesi Utara, diiringi Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara, Kalimantan Utara, Papua Barat, Sulawesi Barat, Bengkulu, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Barat. (*Vania Rossa)

Terkait

Terkini