Selasa, 25 Februari 2020

Jomblo Segera Merapat! 10 Rekomendasi Resolusi Tahun Baru 2020

Apakah Anda sudah menentukan resolusi tahun baru 2020?

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Gian Cescon)
Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Gian Cescon)

Dewiku.com - Akhir tahun 2019 semakin dekat. Adakah yang sudah menentukan resolusi tahun baru 2020? Tentu saja terdapat begitu banyak harapan baik untuk terus melangkah ke depan.

Anda memang bisa saja membikin resolusi tahun baru seperti orang kebanyakan, misalnya menurunkan berat badan, lebih rajin olahraga dan hidup sehat, atau berhenti merokok. Namun, sebenarnya masih banyak hal lain yang butuh perhatian Anda, termasuk soal kehidupan cinta.

Bagi para lajang, tahun ini mungkin saja dapat memberikan banyak kejutan terkait hubungan asmara. Namun, ini bukan berarti di jomblo harus membikin target punya pasangan sebagai resolusi tahun baru 2020.

Merangkum Yourtango, berikut 10 inspirasi resolusi tahun baru 2020, khusus bagi para jomblo:

1. Berhentilah berburu jodoh ke mana pun Anda pergi

Terlalu bekerja keras untuk menemukan belahan hati justru tak akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Sebaliknya, itu malah bisa membikin frustasi jika tak kunjung menemukan dia yang sesuai harapan.

2. Belajar lebih mudah membuka hati

Ini bukan berarti Anda mesti menurunkan standar dan memberikan kesempatan untuk siapapun yang datang. Anda hanya perlu sedikit lebih terbuka dan hangat ketimbang sebelumnya.

Apabila ada sosok baik mendekat, berikan dia sebuah kesempatan untuk memahami Anda. Siapa tahu memang dia orangnya, kan?

Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Hian Olivera)
Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Hian Olivera)

3. Tinggalkan masa lalu menyakitkan

Tahun ini Anda mungkin punya hubungan asmara kelabu, entah itu jadi korban selingkuh, ghosting, atau lainnya. Nah, bebaskan diri Anda dari belenggu masa lalu yang tak menyenangkan itu sebagai resolusi tahun baru 2020.

Lakukan apapun yang dapat membuat Anda melupakannya. Berhentilah menghubunginya, blokir akun media sosial mereka, atau bisa juga menelepon dan berbicara dengan mereka dulu untuk terakhir kalinya. Selesaikan masalah yang masih menggantung agar beban di pundak Anda terasa jauh lebih ringan setelahnya.

4. Membuat pertemanan baru

Mumpung masih jomblo, Anda tentu lebih bebas menentukan dengan siapa ingin berteman. Carilah teman dari berbagai latar belakang. Anda juga akan mendapatkan banyak pengalaman baru dan seru sehingga tidak sempat merasa kesepian karena belum punya pasangan.

5. Fokus memperbaiki kualitas diri

Lakukan perubahan yang baik untuk diri sendiri, bukan karena keinginan orang lain atau demi mendapatkan pacar baru.

Jika ingin diet, lakukanlah karena itulah yang Anda butuhkan. Jangan diet karena berpikir bahwa banyak orang bakal mendekat jika Anda memiliki tubuh yang lebih ideal.

Jika ingin menekuni hobi baru, pilihlah sesuatu yang memang menarik perhatian Anda, bukan hal tertentu yang bisa membuat Anda diperhatikan gebetan.

Ilustrasi makan kentang goreng. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi makan kentang goreng. (Pixabay/Pexels)

6. Jangan takut bepergian sendiri

Jomblo bukan alasan untuk tak bisa menikmati hari-hari menyenangkan. Tidak ada yang salah dengan bepergian sendiri, kok.

Jika ingin menonton film tapi tak ada teman yang bisa menemani, pergilah ke bioskop sendiri. Makan sendiri juga bukan hal aneh, begitu pula dengan nongkrong di kafe sembari membaca buku favorit.

7. Jangan memaksakan diri

Tahun 2020 ini, berhentilah memaksakan diri untuk terus memperjuangkan sesuatu yang tak pasti. Jika seseorang memang tak ingin berkomitmen dengan Anda, biarkan saja dia pergi.

Ini juga berlaku untuk lingkaran pertemanan. Anda bisa memilih setop bergaul dengan mereka yang lebih banyak memberikan pengaruh buruk.

8. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain

Ketika masih lajang, sangat mudah untuk melihat kehidupan orang lain, terutama mereka yang sudah berpasangan, terasa lebih indah dan membuat Anda sedih atau kesepian.

Jangan lakukan itu lagi di tahun 2020! Anda juga berhak bahagia walau masih sendiri. Di sisi lain, mereka yang Anda pilih bahagia itu, mungkin saja juga memilih masalah berat yang tak diketahui orang lain, kan?

Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Gian Cescon)
Ilustrasi bahagia. (Unsplash/Gian Cescon)

9. Jangan biarkan orang lain meremehkan Anda

Jadilah lebih percaya diri. Anda mungkin tak bisa tiba-tiba berubah, tapi kepercayaan diri tentu dapat ditingkatkan secara bertahap.

Ingatkan diri Anda sendiri bahwa jomblo bukanlah sebuah dosa dan tak ada yang salah dengan status itu. Orang-orang mungkin masih saja mengasihani atau bahkan meremehkan Anda. Jangan terus-terusan diambil hati karena itu hanya akan menyakiti diri sendiri.

10. Menjadi lebih jujur kepada diri sendiri maupun orang lain

Jujur juga bisa menjadi resolusi tahun baru 2020. Belajarlah untuk menjadi lebih jujur, baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Kalau Ada seseorang mendekat tapi Anda tetap tak merasa cocok walau sudah mencoba, katakan perasaan Anda sesungguhnya. Jangan malah mendadak hilang atau mencari pelarian tak sehat lainnya.

Terkait

Terkini