Rabu, 11 Desember 2019

Pasangan Pejuang LDR Rawan Berantem, Begini Cara Mencegahnya

Para pejuang LDR perlu tahu caranya menghindari pertengkaran.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi pasangan bulan madu. (Unsplash/Andreas Roanningen)
Ilustrasi pasangan bulan madu. (Unsplash/Andreas Roanningen)

Dewiku.com - Bertengkar dengan pasangan tentu saja adalah hal normal, tak terkecuali saat menjalani hubungan jarak jauh alias LDR. Namun, para pejuang LDR harus lebih berhati-hati karena tak bisa bertatap muka untuk menyelesaikannya secara langsung.

Hubungan asmara jarak jauh memang banyak tantangan. Menghindari konflik sering kal jadi andalan agar hubungan yang dijalani itu tetap adem ayem.

Nah, mengutip Hellosehat, ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya masalah dan pertengkaran saat LDR.

1. Konsisten pada jadwal komunikasi yang sudah dibuat

Mempunyai jadwal kerja bahkan zona waktu yang berbeda tentu menambah masalah bagi pasangan LDR. Menetapkan jadwal kapan Anda berdua perlu berkomunikasi dapat menjadi salah satu tips agar hubungan langgeng dan terhindar dari konflik.

Gunakanlah waktu luang untuk sekadar menghubungi pasangan, entah itu video call atau panggilan suara.

Menurut penelitian dari University of San Fransisco, konflik kerap terjadi pada hubungan jarak jauh karena kedekatan fisik yang kurang sehingga menimbulkan perasaan tidak aman atau insecure. Jadi, manfaatkan waktu luang untuk mendekatkan hubungan meski jarak membentang.

Ilustrasi LDR atau hubungann jarak jauh. [Shutterstock]
Ilustrasi LDR atau hubungan jarak jauh. [Shutterstock]

2. Lebih fokus terhadap kualitas ketimbang kuantitas

Sebenarnya, kualitas komunikasi pasangan LDR cenderung lebih baik ketimbang mereka yang jaraknya berdekatan. Hal itu karena para pejuan LDR umumnya telah menyadari bahwa berkomunikasi adalah hal yang sangat berharga.

Topik yang bisa dibicarakan pun semakin luas karena tidak terlalu sering bertemu. Saling bertanya tentang keseharian, bercerita masalah yang sedang dihadapi, dan hal-hal lainnya dapat membuat Anda berdua lebih intim.

Ilustrasi hubungan jarak jauh/LDR. [Shutterstock]
Ilustrasi pasangan LDR. [Shutterstock]

3. Percaya kepada pasangan

Perasaan insecure mungkin begitu tinggi karena Anda tidak bisa melihat langsung apa yang sedang pasangan lakukan. Namun, membangun kepercayaan satu sama lain adalah hal krusial dalam hubungan jarak jauh.

Hanya saja, seiring berjalannya waktu, kepercayaan ini bisa pudar cuma karena pasangan mungkin kerap sulit dihubungi. 

Oleh karenanya, selalu tumbuhkan kepercayaan di antara Anda dan pasangan. Ini merupakan faktor penting dalam membuat hubungan tersebut tetap kuat dan bertahan lama.

Terkait

Terkini