Senin, 21 Oktober 2019

Lagu Tertentu Bikin Mendadak Teringat Mantan, Ternyata Ada Alasan Ilmiahnya

Mengapa ketika mendengarkan lagu tertentu suka tiba-tiba ingat sang mantan?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Menggunakan earphone untuk mendengarkan musik. (Unsplash/Daria Litvinova)
Menggunakan earphone untuk mendengarkan musik. (Unsplash/Daria Litvinova)

Dewiku.com - Anda merasa ada lagu tertentu yang kalau didengarkan bisa bikin teringat mantan? Walau belum tentu lagu sedih, Anda seolah ditunjukkan kembali kenangan saat kalian masih bersama. Nah, rupanya ada penjelasan ilmiah terkait hal ini.

Melansir Hellosehat, beberapa tahun belakangan, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat merangsang otak manusia dibandingkan aktivitas lainnya. Hal itu meninggalkan ‘jejak’ pada pikiran Anda. Oleh karenanya, lagu diyakini dapat mengingatkan Anda akan apa yang Anda sentuh, cium, dan rasakan saat mendenganya di masa lampau. 

Menurut sebuah penelitian dari University of California, lagu bisa memicu keaktifan daerah tertentu di otak yang berhubungan dengan ingatan dan emosi. Sepenggal lagu yang akrab di telinga dapat membawa Anda pada kenangan tentang seseorang atau tempat tertentu. 

Akibatnya, tak jarang Anda jadi teringat sosok mantan serta suasana yang dilalui di masa itu saat lagu tersebut diputar. 

Biasanya, saat mendengar lagu sedih, teringat masa-masa sebelum Anda dan mantan mengakhiri hubungan. Itu bisa mulai dari pertengkaran hingga sikap acuh tak acuh yang mulai muncul dalam hubungan asmara Anda. 

perempuan mendengarkan musik (Pixbay/foundry)
perempuan mendengarkan musik (Pixbay/foundry)

Sementara itu, menurut seorang psikolog musik dari Inggris, Kelly Jakubowski, sulit mengatakan apakah genre atau aliran musik tertentu bisa mengaktifkan ingatan seseorang. Normalnya, orang akan mengingat sesuatu melalui lagu kalau lagu tersebut mereka dengarkan setiap hari.

Namun, mendengarkan lagu sedih merupakan sebuah pengecualian. Aktivitas ini rupanya lebih sering memberikan ingatan untuk sejumlah besar orang, seperti pengalaman yang menyedihkan.

Meski demikian, mendengarkan lagu yang membuat Anda teringat mantan artinya bukan berarti susah move on. Hubungan itu memang berakhir, tapi pengalaman manis pahit tetap tersimpan di ingatan Anda.

Mendengarkan lagu bersama pasangan. (Unsplash/Wesley Tingey)
Mendengarkan lagu bersama pasangan. (Unsplash/Wesley Tingey)

Memang tak ada yang salah dengan mendadak teringat mantan saat mendengarkan sebuah lagu. Bagaimanapun, nostalgia adalah hal yang sangat umum terjadi pada semua orang.

Lagu-lagu yang menyebabkan nostalgia tersebut sebenarnya bisa membantu Anda untuk mengenal diri sendiri dan memberikan kekuatan ketika menghadapi sebuah tantangan baru. Kuncinya, gunakan untuk membangun masa depan Anda, terutama saat memulai hubungan baru.

Terkait

Terkini