Kamis, 09 April 2020

Merasa Tak Bahagia? Ini 5 Tanda Hubungan Tidak Sehat yang Sedang Kamu Alami

Ingat ya, kamu berhak bahagia!

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pasangan tak bahagia tapi tetap bersama. (Unsplash/Nathan Dumlao)
Ilustrasi pasangan tak bahagia tapi tetap bersama. (Unsplash/Nathan Dumlao)

Dewiku.com - Di dalam hubungan memang harus dijalani oleh dua orang yang penuh dengan komitmen dan sama-sama mau berjuang. Jika saat ini kamu merasa tak bahagia, mungkin perlu mengetahui beberapa tanda hubungan tidak sehat yang sedang kamu alami.

Hubungan asmara memang tak selalu berjalan mulus. Pasti ada saja perselisihan dalam hubungan. Namun jika kamu dan pasangan bersikap bijak, masalah tersebut akan membawa hubungan kalian semakin dewasa.

Biasanya banyak orang yang tidak menyadari jika sedang berada di dalam hubungan tidak sehat. Boleh saja kok untuk mencintai pasangan dengan sepenuh hati.

Namun jangan sampai hal tersebut membuat dirimu sendiri tak merasa bahagia, justru cenderung tertekan. Jika kamu mengalami tanda-tanda hubungan tidak sehat di bawah ini, sekarang harus mulai mencari jalan keluar. Love your self first, Girls!

1. Merasa cemas saat tidak bersama

Ilustrasi pasangan tak bahagia. (Unsplash/Henri Pham)
Ilustrasi pasangan tak bahagia. (Unsplash/Henri Pham)

Memang menjadi hal yang wajar jika merasa ada yang kurang atau hilang saat tidak sedang bersama pasangan. Namun hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak wajar ketika kamu selalu memeriksa ponsel untuk tahu apakah ada pesan dari pasangan.

Selain itu, kamu juga menjadi terlalu insecure jika pasangan tidak memberikan kabar dalam jangka waktu beberapa jam. Ini akan membuat kamu tidak bisa fokus pada apa yang seharusnya dikerjakan.

Sebab kamu merasa seakan ada yang salah. Hal ini juga berpengaruh pada pengembalian keputusan. So, cobalah renungkan apakah hubungan seperti ini yang benar-benar kamu inginkan?

2. Sering sekali berdebat tentang hal yang sama

Di dalam hubungan berbeda pendapat hingga memunculkan perdebatan menjadi hal wajar yang sering terjadi di dalam hubungan. Namun jika terjadi berulang kali dalam siklus yang sangat sering.

Hal tersebut justru tidak akan membuat hubungan menjadi lebih baik lagi. Setiap debat yang terjadi akan membuat kamu dan pasangan tidak mengomunikasikan apa yang menjadi inti masalahnya.

3. Selalu mengungkit masalah masa lalu

Pasangan suami istri bertengkar. (Shutterstock)
Pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Ketika kamu melakukan kesalahan dan meminta maaf untuk menyudahi pertengkaran, itu akan terlihat baik-baik saja pada awalnya. Namun sayangnya, saat terjadi hal yang serupa, pasanganmu akan selalu mengungkit masalah masa lalu untuk bisa menyudutkanmu. Apakah kamu masih sanggup bertahan jika selalu terjadi?

4. Memberi lebih daripada yang diterima

Ini bukan tentang ketika kamu memberikan sesuatu pada pasangan harus mengharapkan imbalan darinya. Ini tentang di dalam hubungan memang sangat diperlukan memberi dan menerima.

Tak perlu dihitung secara presisi beberapa hal yang diterima. Hanya saja dalam hubungan yang sehat dan harmonis, idealnya pasangan akan memberikan balasan atas apa yang telat kita berikan. Benar bukan?

5. Selalu merasa terbebani

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Motoki Tonn)
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Motoki Tonn)

Salah satu tanda hubungan tidak sehat adalah kamu selalu merasa terbebani. Pada umumnya hubungan yang sehat itu bisa memberikan hak terbaik untuk kamu dan pasanganmu. Seperti semakin menambah rasa percaya diri dan tanpa beban.

Namun jika selama ini tanpa disadari bahwa kamu menjadi pribadi yang lebih buruk, tidak berkembang, dan penuh dengan masalah sejak menjalin hubungan, bisa jadi saat ini kamu memang sedang terjebak di dalam hubungan tidak sehat.

Apakah kamu merasakan tanda-tanda hubungan tidak sehat di atas? Jika iya, mau sampai kapan seperti ini terus? Hidup hanya sekali, masa iya mau disia-siakan begitu saja?

Terkait

Terkini