Selasa, 20 Oktober 2020

Ketika Jeruji Besi Jadi Saksi Lika-liku Kisah Cinta BTP

Kandas dengan yang lama hingga bersemi dengan yang baru.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Suara.com/Kurniawan Mas'ud)
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Suara.com/Kurniawan Mas'ud)

Dewiku.com - Jalan terjal dan berliku tak hanya ditemui Basuki Tjahaja Purnama dalam karier politiknya. Kehidupan asmara BTP pun gak tidak kalah rumit. Di balik Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Ahok menggugat cerai Veronica Tan. Setelah itu, masih dari tempat yang sama, dia menyambut cinta baru dari Bripda Puput Nastiti Devi.

Basuki Tjahaja Purnama ditahan karena kasus penistaan agama saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia kemudian divonis bersalah lewat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Mei 2017.

Ahok bebas setelah menjalani hukuman penjara selama 1 tahun 8 bulan 15 hari, tepatnya pada Kamis (24/1/2019) kemarin. Dia pulang dengan dijemput langsung oleh putra sulungnya, Nicholas Purnama.

Setelah bebas, Ahok dikabarkan segera menikah dengan Bripda Puput Nastiti Devi. Kabar ini cukup mengejutkan publik, mengingat selama ini dia terbilang sangat tertutup soal kehidupan pribadinya.

Bercerai dengan Veronica Tan

Calon Gubernur Petahana Basuki Tjahja Purnama (Ahok) beserta istrinya Veronica dan putra sulungnya Nicolas memberikan hak suara di TPS 54, Kompleks Pantai Indah Mutiara, Penjaringan, Jakarta, Rabu (15/2).
Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan Veronica Tan.

BTP pertama kali bertemu dengan Veronica Tan di sebuah gereja di kawasan Pluit sekitar tahun 1994. Saat itu BTP sudah bekerja, sementara Veronica baru lulus kuliah.

BTP jatuh hati pada perempuan asal Medan itu ketika Veronica bermain piano dan menyanyi di gereja. BTP pun mantap memilih Veronica sebagai pendamping hidupnya.

Keduanya menikah pada 6 September 1997. Pernikahan BTP dan Veronica Tan dikaruniai tiga buah hati, yakni Nicholas Purnama, Nathania Purnama, dan Daud Albeenner Purnama.

Di mata publik, rumah tangga BTP dan Veronica Tan terlihat sangat harmonis. Veronica adalah sosok wanita yang selalu setiap menemani BTP di dunia bisnis maupun politik.

Ketika BTP resmi menjadi tahanan Rutan Mako Brimob, masih lekat di ingatan kita betapa sedihnya Veronica Tan membacakan surat BTP mengenai vonis hukuman yang mesti diterima. Surat BTP untuk publik dia baca sampai habis sambil sekuat tenaga menahan tangis saat konferensi pers 23 Mei 2017 lalu.

Namun, pada akhirnya untuk pertama kali Veronica Tan mempersilakan tangisnya disaksikan seluruh masyarakat Indonesia. 

Dalam surat yang ditulis BTP, tertulis alasan mengapa dirinya menolak banding atas vonis hukuman. Dia khawatir akan memantik protes yang semakin dahsyat dan sadar kasusnya akan dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu.

Istri Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan, bersama Tim Kuasa Hukum Ahok, memberikan keterangan pers mengenai batalnya pengajuan banding atas putusan hakim, di Jakarta, Selasa (23/5/2017). [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]
Veronica Tan saat memberikan keterangan pers mengenai batalnya pengajuan banding atas putusan hakim terkait kasus penistaan agama yang menjerat BTP, 23 Mei 2017 silam. (Suara.com/Kurniawan Mas'ud)

Pada 5 Januari 2018, publik dibikin heboh dengan BTP menggugat cerai Veronica Tan. Banyak orang yang mempertanyakan penyebab retaknya jalinan rumah tangga pasangan ini. Isu kehadiran orang ketiga pun mencuat. Istilah 'good friend' juga jadi lumayan populer saat itu.

Nama pengusaha Julianto Tio lalu disebut-sebut jadi pria idaman lain Veronica Tan. Fifi Lety Tjahaja Purnama, adik BTP, membeberkan hubungan Julianto Tio dan Veronica Tan yang diklaim sudah berlangsung selama tujuh tahun.

Hubungan gelap itu kabarnya bahkan sudah diketahui BTP dan putra sulungnya. BTP dan Veronica Tan akhirnya resmi cerai pada 4 April 2018. Hak asuh anak jatuh pada BTP.

Kisah cinta BTP dengan Bripda Puput Nastiti Devi

Ahok berkumpul dengan keluarga dan Bripka Puput. (Tim BTP)
Ahok berkumpul dengan keluarga dan Bripda Puput. (Tim BTP)

Ahok boleh dikatakan mengalami patah hati saat mendekam di balik jeruji besi. Namun, siapa sangka jika dia juga kembai menemukan cinta baru saat menjalani masa hukuman di Rutan Mako Brimob?

BTP mempercayakan hatinya pada Bripda Puput Nastiti Devi. Kabarnya, mereka dijodohkan oleh mantan wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Bripda Puput sendiri pernah menjadi ajudan Veronica Tan selama dua tahun. Soal usia, BTP dan Bripda Puput terpaut sangat jauh, yakni 31 tahun. BTP saat ini berusia 52 tahun, sedangkan Bripda Puput masih 21 tahun.

Namun, sepertinya itu bukan masalah. Keduanya bahkan santer dikabarkan segera menikah setelah Ahok bebas.

''Iya benar, Ahok akan menikah 15 Februari nanti. Saya lihat kondisinya sehat dan akan banyak rencana setelah bebas,'' kata Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, Jumat (18/1/2019) pekan lalu. (Uni Irmagani)

Terkait

Terkini