Rabu, 20 Januari 2021

Buat Kamu yang Pernah Dikecewakan Tapi Masih Ingin Tetap Bersama

Membangun kembali kepercayaan terhadap pasangan memang tidak mudah tapi tetap ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Dinar Surya Oktarini | Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pasangan / pexels.com
Ilustrasi pasangan / pexels.com

Dewiku.com - Jalan tol sama bisa macet, apalagi hubungan asmaramu dengan dia. Banyak hal yang bisa membuatmu kecewa, mulai dari kebohongan kecil sampai masalah krisis komitmen dan isu perselingkuhan.

Banyak yang akhirnya menyerah dan putus. Namun, banyak juga yang memutuskan untuk memperbaiki hubungan dengan membangun kembali kepercayaan terhadap pasangan. Apakah kamu juga sedang berjuang untuk mempercayainya lagi? Yuk, simak tipsnya!

1. Mantapkan niat untuk rujuk dan berbaikan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menanyakan kepada dirimu sendiri tentang keinginanmu sebenarnya. Apakah kamu benar-benar ingin melanjutkan hubungan dengan dia setelah dikecewakan, bahkan mungkin berkali-kali?

Kamu harus memantapkan niat, termasuk siap untuk dikecewakan kembali kalau ternyata hubungan kalian memang sudah tidak bisa diselamatkan.

Ilustrasi foto / pexels.com www.pexels.com

 2. Lakukan introspeksi diri

Pada dasarnya, kamu memang perlu melakukan introspeksi secara berkala untuk memperbaiki kualitas diri. Begitu pula saat kamu merasa dikecewakan. Bisa jadi, selama ini dia seperti itu karena kesalahan atau kecewa dengan kamu juga. Barang kali hal itu akan membuatmu lebih bisa memaklumi tindakan dia.

3. Kamu dan dia perlu saling memaafkan sebelum membangun komitmen lagi

Kamu harus bisa memaafkan dia kalau memang ingin tetap bersama. Kalau kamu punya salah juga, kamu juga perlu meminta maaf. Cobalah untuk memahami perasaannya tanpa menghakimi. Dia pun harus melakukan hal yang sama. Komitmen baru bisa dibangun kembali kalau kalian sudah impas.

4. Membuat rencana atau janji yang bisa dilakukan kedua pihak

Ilustrasi foto / pexels.comwww.pexels.com

Kalian bisa memulainya dengan rencana jalan bareng, seperti menonton atau makan bersama. Kepercayaan terhadap pasangan bisa dibangun kembali jika rencana itu berjalan lancar. Lakukan secara berkala untuk melihat konsistensi dia.

5. Jangan memaksakan diri dan melupakan pentingnya kenyamanan dalam menjalin hubungan

Walaupun kamu sangat mencintainya, jangan sampai kamu menjalani hubungan yang sebenarnya terasa tidak nyaman bagi kamu maupun dia. Kalian berdua perlu membicarakan kembali tentang hal apa saja yang bisa membuat kamu dan dia tidak nyaman.

Kalau memang tidak bisa lagi mendapatkan kenyamanan dari dia karena selalu ingat dengan bagaimana dia pernah mengecewakanmu, pikirkan kembali nasib hubungan kalian. Barangkali, dia sendiri juga merasa tidak nyaman karena rasa bersalahnya kan?

Ilustrasi foto / pixabay.com www.pixabay.com

6. Kamu mesti bersabar. Semuanya memang butuh waktu untuk menjadi lebih baik kan?

Kepercayaan tidak bisa dibangun kembali secara instan. Kamu perlu memupuknya perlahan agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Kalau kalian memang ditakdirkan bersama, semuanya pasti akan menjadi indah pada waktunya.

Terkait

Terkini