Minggu, 16 Mei 2021

Fakta Youn Yuh Jung Aktris Korea Pemenang Oscar, Akting karena Tak Sengaja

Aktris Korea Youn Yuh Jung dulu sama sekali tak bercita-cita akan berakting.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Aktris Youn Yuh Jung. (Instagram/@minarimovie)
Aktris Youn Yuh Jung. (Instagram/@minarimovie)

Dewiku.com - Aktris Korea Selatan Youn Yuh Jung berhasil membawa pulang piala Oscar berkat perannya sebagai seorang nenek dalam film Minari.

Aktris 73 tahun itu meraih kemenangan dalam kategori Best Actress in a Supporting Role. Ia pun menjadi artis Korea pertama yang menang di ajang piala Oscar.

Melansir laman Pure Wow, Youn Yuh Jung sendiri sebelumnya tak membayangkan dirinya dapat masuk nominasi Oscar.

Di sisi lain, karakter Soonja di film Minari yang diperankannya telah mengantar Youn Yuh Jung untuk mendapatkan lebih dari empat lusin nominasi lain.

Dirangkum Suara.com, berikut beberapa fakta soal karir Youn Yuh Jung sebagai aktris selama lima dekade terakhir.

Youn Yuh Jung jadi aktris pertama yang berhasil menang Piala Oscar. (Instagram/@minarimovie)
Youn Yuh Jung jadi aktris pertama yang berhasil menang Piala Oscar. (Instagram/@minarimovie)

1. Karirnya sebagai aktris bermula dari ketidaksengajaan

Youn Yuh Jung mulanya merupakan mahasiswi Universitas Hanyang di jurusan Korean Language and Literature. Selama kuliah, Yuh Jung melakukan kerja paruh waktu di stasiun TV.

Saat itu, Yuh Jung lantas mendapat saran untuk mencoba berakting. Padahal, ia sama sekali tak tahu-menahu soal dunia akting.

"Sejujurnya, aku tak tahu apa itu akting. Aku mencoba menghafalkan naskah dan melakukan apa yang mereka minta. Ketika itu, aku tidak tahu apakah aku menyukainya atau tidak," ungkap Youn Yuh Jung.

2. Mulai terkenal 4 tahun setelah debut sebagai aktris

Butuh waktu bagi Youn Yuh Jung untuk mencapai popularitas dan dikenal publik. Dia membuat debutnya lewat drama Mister Gong di tahun 1967.

Empat tahun setelahnya, ia mendapat peran di film Woman of Fire. Youn Yuh Jung kemudian memenangkan banyak penghargaan dari film tersebut dan menjadi terkenal.

Selain itu, sutradara film Minari rupanya adalah penggemar berat film Woman of Fire.

3. Punya reality show sendiri

Selain berperan dalam film dan drama, aktris satu ini juga memiliki reality show bernama Youn's Kitchen yang tayang 2017-2018.

Lewat acara tersebut, Youn Yuh Jung menampilkan kemampuan memasaknya. Namun, acara ini mesti mengalami perubahan karena terdampak pandemi. Kini, acara Youn's Kitchen sendiri telah berubah nama menjadi Youn's Stay.

Aktris Youn Yuh Jung menang Piala Oscar berkat film "Minari". (Instagram/@minarimovie)
Aktris Youn Yuh Jung menang Piala Oscar berkat film "Minari". (Instagram/@minarimovie)

4. Bukan pertama kalinya mencetak sejarah

Selain masuk nominasi dan menang piala Oscar, Youn Yuh Jung mencetak sejarah pada penghargaan Screen Actors Guild Awards beberapa waktu silam.

Di sana, dia berhasil menjadi aktris Asia pertama yang memenangkan kategori Best Supporting Actress.

"Aku tak tahu bagaimana cara mendeskripsikan perasaanku. Aku mulai dikenali oleh orang-orang Barat. Aku hanya merasa sangat, sangat terhormat, terutama karena rekan-rekan aktorku memilih sebagai aktris pendukung (terbaik)."

5. Pernah mengalami pahitnya perceraian

Pada 1975, Youn Yuh Jung menikah dengan penyanyi Korea Selatan bernama Jo Young Nam. Pasangan ini lalu pindah ke Amerika dan dikaruniai dua orang anak.

Sayangnya, Youn Yuh Jung bercerai dari suaminya 12 tahun kemudian. Kala itu, Youn Yuh Jung juga sudah pensiun dari dunia artis.

Namun, karena masalah keuangan, Youn Yuh Jung memutuskan kembali ke dunia akting. Walau menyakitkan, ia pun menyebut pengalaman itu sebagai dorongan baginya untuk lebih bekerja keras sebagai aktris.

Terkait

Terkini