Jum'at, 16 April 2021

Review Lengkap Samsung Galaxy A20s: Worth It untuk Dibeli?

Kehadiran Samsung Galaxy A20s bisa menjadi pilihan tambahan di segmen ponsel pintar kelas menengah.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Samsung Galaxy A20s. (Samsung)
Samsung Galaxy A20s. (Samsung)

Dewiku.com - Di era sekarang, para produsen ponsel pintar semakin terpacu untuk merilis produk baru dalam waktu singkat. Layaknya balapan kendaraan bermotor, rivalitas di produk smartphone kelas menengah ini membuat produsen harus cepat melihat perubahan.

Termasuk apa yang terjadi dengan Samsung saat merilis seri A20 di bulan April 2019 lalu. Berselang lima bulan kemudian, Samsung kembali merilis versi upgradenya. Produk yang menjadi suksesor tersebut adalah Samsung A20s.

Produk Samsung yang satu ini menjadi ponsel pintar keluaran produsen asal Korea Selatan tersebut yang sangat diminati di Indonesia. Pasalnya, smartphone Samsung Galaxy A20smemiliki harga sangat terjangkau dan spesifikasi yang sangat mumpuni untuk berbagai kegiatan kamu.

Kehadiran Samsung Galaxy A20s bisa menjadi pilihan tambahan di segmen ponsel pintar kelas menengah. Sebagai penerus Galaxy A20, perangkat Samsung Galaxy A20s ini pun hadir dengan beragam perbaikan yang cukup menggiurkan.

Perlu dipahami, persaingan ponsel pintar di kelas menengah ini memang selalu dijejali dengan spesifikasi yang relatif mirip. Tidak heran, para produsen smartphone pun semakin cepat bergerak dalam melakukan perubahan.

Secara umum, peningkatan utama pada smartphone Samsung Galaxy A20s terdapat pada kamera, display, prosesor, memori penyimpanan, dan sebagainya. Nah, perubahan apa saja yang bisa kamu temukan pada smartphone ini? Berikut ini adalah pembahasannya!

1. Desain Minimalis

Samsung Galaxy A20s. (Samsung)
Samsung Galaxy A20s. (Samsung)

 

Dibanderol di kisaran harga Rp 2 jutaan, desain yang diusung oleh smartphone Samsung Galaxy A20s terbilang cukup sederhana dan minimalis. Meski demikian, penampakan perangkat smartphone Samsung Galaxy A20s ini tidak lantas terlihat murahan.

Menggunakan bahan polikarbonat sebagai bodi covernya, Samsung menghadirkan sentuhan akhir yang menyerupai kaca pada bagian belakangSamsung Galaxy A20s. Berbeda dengan para pesaingnya yang menggunakan warna gradasi, Samsung masih senang menggunakan warna tunggal.

Penggunaan finishing solid dengan sentuhan serupa lapisan kaca tersebut membuat perangkat smartphone Samsung Galaxy A20s ini jadi terlihat elegan. Sayangnya, lapisan ini juga membuat perangkat smartphone Samsung Galaxy A20s jadi mudah kotor. Sehingga penggunaan soft-case tambahan pun akan sangat disarankan untuk mengurangi resiko cepat kotor.

Selain elegan, perangkat smartphone Samsung Galaxy A20s ini juga hadir dengan desain bodi yang nyaman saat digenggam. Samsung sendiri masih menempatkan tombol power pada sisi kanan. Begitu juga dengan slot untuk microSD dan juga kartu SIM yang berada di sisi kiri.

Selain slot kartu, bagian kiri juga ditempati oleh tombol volume yang berada tepat di bawahnya. Bagian depan perangkat smartphone Samsung Galaxy A20s ini sudah mengadopsi desain masa kini dengan menggunakan poni yang disebut sebagai infinity V oleh Samsung.

Tidak hanya mempercantik, poni ini juga menjadi rumah untuk kamera depan. Seperti kebanyakan ponsel lainnya, sisi bawah gawai ini juga tampak penuh dengan lubang speaker dan juga jack audio 3,5 mm serta USB tipe-C.

Bagian bodi belakang smartphone Samsung Galaxy A20s menjadi salah satu hal yang sangat berbeda dibanding dengan generasi pendahulunya. Jika di seri Galaxy A20 hanya ada kamera ganda, perangkat smartphone Samsung Galaxy A20s ini hadir dengan tiga buah kamera sekaligus.

Disusun secara vertikal, ketiga kamera ini juga ditemani satu buah lampu flash LED. Tidak ketinggalan, ada juga fitur keamanan biometrik pemindai sidik jari yang terletak pada bagian tengah atas.

2. Display Besar

Samsung Galaxy A20s. (Samsung)
Samsung Galaxy A20s. (Samsung)

 

Jarak rilis antara smartphone Samsung Galaxy A20 dan smartphone Samsung Galaxy A20s dengan rentang jarak kurang dari satu semester, cukup membuat bingung para pengguna. Apalagi, terdapat banyak perubahan spesifikasi dan konfigurasi satu dan lainnya. Sektor display mendapat perubahan yang cukup besar. Smartphone Samsung Galaxy A20s diketahui memiliki ukuran layar lebih besar berukuran 6, 5 inci berbanding 6, 4 inci milik smartphone Samsung Galaxy A20.

Dengan rasio layar 81, 9 % ke bodi ponsel, kamuakan dimanjakan dengan melihat pada teknologi yang dipakai pada layarnya. Smartphone Samsung Galaxy A20 diketahui memiliki kualitas layar sentuh Super AMOLED.

Sementara itu, smartphone Samsung Galaxy A20s yang datang belakangan justru menggunakan IPS LCD saja. Tentu AMOLED jelas lebih baik. Ditambah resolusi di rentang 720 x 1560 piksel (HD+), membuat kualitas gambar tak tersaji maksimal.

Selain resolusinya, ada kesamaan lain antara smartphone Samsung Galaxy A20s dengan saudaranya tersebut. Baik smartphone Samsung Galaxy A20 dan smartphone Samsung Galaxy A20s sama-sama menggunakan konsep infinity-V sehingga tampilan video dalam format lanskap tidak bisa memenuhi setiap sisi layar.

3. Triple Camera

Samsung Galaxy A20s. (Samsung)
Samsung Galaxy A20s. (Samsung)

 

Upgrade yang langsung terlihat dari ponsel pintar ini adalah dari segi kamera. Smartphone Samsung Galaxy A20s diketahui memiliki tiga kamera di belakang. Mereka terdiri dari lensa wide 13 MP, f/1.8, 8 MP, f/2.2 (ultrawide) dan 5 MP, f/2.2 (depth sensor).

Lensa depth sensor ini membuat smartphone Samsung Galaxy A20s bisa menghasilkan foto live focus, di mana latar belakang akan diblur atau efek bokeh agar obyek utama foto tampil lebih menonjol.

Selain kamera belakang yang mendapat peningkatan signifikan, smartphone Samsung Galaxy A20s juga masih dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 8MP f/2.0 yang bisa mengambil foto selfie dengan tajam dan beresolusi tinggi.

4. Performa Canggih

Samsung Galaxy A20s. (Samsung)
Samsung Galaxy A20s. (Samsung)

 

Ada perubahan yang cukup berarti jika berbicara soal jeroan dari smartphone Samsung Galaxy A20s. Pada seri ini, Samsung mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang dibuat dengan fabrikasi 14 nm sebagai motor penggerak.

Chipset besutan Qualcomm ini sebenarnya berada di level yang sama dengan Exynos 7884 yang digunakan pada pendahulunya. Tidak mengherankan jika performa yang dihasilkan juga tidak terlalu berbeda jauh.

Keduanya pun sama-sama sudah didukung dengan CPU octa-core. Hal yang berbeda dalam unit pemrosesan grafis yang dibawa berubah menjadi Adreno 506. Kombinasi tersebut sudah menghasilkan performa yang mumpuni untuk menemani beragam aktivitas harian standar.

Dapur pacu yang mumpuni ini juga didukung dengan RAM dan memori internal yang cukup besar. Pengguna bisa memanfaatkan RAM 3 GB dengan penyimpanan internal 32 GB untuk menyimpan data dan aplikasi.

Dalam situs resminya, Samsung menyebut jika dari 32 GB memori internal yang disediakan hanya ada sekitar 21,1 GB yang bisa dimanfaatkan. Jika dirasa masih belum cukup, disediakan slot untuk microSD hingga 512 GB.

Menggunakan chipset kelas pemula, tidak mengherankan jika kemampuan yang dihasilkan juga tidak terlalu istimewa. Meski demikian, smartphone Samsung Galaxy A20s tetap bisa berjalan dengan lancar saat digunakan untuk menonton video maupun bermain game.

Beberapa game dengan grafis tinggi sekelas PUBG juga masih bisa dimainkan tetapi dengan pengaturan paling rendah. Dengan harga yang ditawarkan memang sudah sesuai dengan kemampuannya yang layak untuk digunakan di kelas pemula. Sistem operasi Android Pie 9 dengan antarmuka One UI 1.1 andalan Samsung juga dibenamkan sebagai software perangkat smartphone Samsung Galaxy A20s ini.

Antarmuka pada smartphone Samsung Galaxy A20s ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang memudahkan pengguna. Selain itu, perangkat smartphone Samsung Galaxy A20s juga sudah dibekali dengan fitur keamanan biometrik yang membuat data semakin aman.

5. Baterai yang Tahan Lama

Samsung Galaxy A20s. (Samsung)
Samsung Galaxy A20s. (Samsung)

 

Kapasitas baterai yang dibenamkan pada perangkatsmartphone Samsung Galaxy A20s ini memang hanya 4000 mAh saja. Meski tidak terlalu besar, baterai ini sudah mampu bertahan hingga satu hari penuh.

Terutama ketika hanya digunakan untuk aktivitas standar seperti akses media sosial maupun membuka aplikasi ringan. Terlebih lagi, prosesor yang digunakan pada smartphone Samsung Galaxy A20s juga hemat daya.

Menariknya, smartphone Samsung Galaxy A20s telah mendukung Fast Charging 15 watt yang membuat waktu dalam melakukan charging menjadi semakin cepat. Jika baterai habis, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam saja untuk mengisinya.

6. Fitur Lain

Sistem pengamanan Samsung Galaxy A20s masih sama seperti smartphone-smartphone lain yang lebih dulu ada. Mulai dari biometrik pengenalan wajah atau face unlock, sidik jari atau finger print, sampai mode pattern dan angka.

Kamu bisa mengombinasikan beberapa lapis pengamanan seperti sidik jari dan pattern. Atau model kombinasi lainnya. Sensor sidik jari smartphone Samsung Galaxy A20s masih berada di bagian cover belakang. Dikarenakan harganya yang terjangkau, menjadikan sensor tersebut belum bisa ditaruh di bagian bawah layar.

Sementara pemindai wajah memanfaatkan kamera depan. Dengan kemampuan sensor yang semakin baik, smartphone Samsung Galaxy A20s bisa membaca wajah pengguna tanpa butuh proses yang lama. Fitur konektivitas lainnya, bisa mengandalkan fungsi WiFi sampai Bluetooth.

Termasuk adanya kemampuan On-The-Go, yang bisa digunakan untuk terhubung ke perangkat lain dalam hal pengisian daya atau berbagi data. Sisanya adalah fitur-fitur standar yang biasa ditemukan pada smartphone di kelas serupa.

Setelah mengetahui beberapa fitur terbaru dari smartphone Samsung Galaxy A20s, kamu bisa membaca spesifikasinya lebih lengkap berikut ini:

·         Menggunakan Chipset Snapdragon 450.

·         CPU Octa core 1.8 GHz Cortex-A53. Menggunakan layar sentuh kapasitif IPS LCD.

·         Memiliki ukuran layar 6.5”.

·         Memiliki resolusi 720 x 1560 piksel,dengan rasio 19,5:9 dan kepadatan hingga 264 ppi.

·         Memiliki berat 183 gram.

·         Memiliki dua varian kapasitas RAM 3GB dan 4GB.

·         Penyimpanan internal juga memiliki dua varian yaitu 32GB dan 64GB.

·         MIcroSD hingga 1TB.

·         Tiga kamera belakang dengan resolusi 13MP, 8MP, 5MP.

·         Kamera depan dengan resolusi 8MP.

·         Menggunakan USB type C.

·         Kapasitas baterai 4000 mAh.

·         Mendukung fast charging 15 watt.

·         Menggunakan sistem operasi Android 9.

·         Memiliki fitur fingerprint untuk keamanannya.

·         Memiliki Jack 3.55 untuk headphones.

·         Memiliki empat varian warna metalic yaitu, Merah, Hitam, Hijau dan Biru.

Kesimpulan

Spesifikasi smartphone Samsung Galaxy A20s tentunya bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin memiliki ponsel pintar denga harga yang worth it. Well, kehadiran smartphone Samsung Galaxy A20s memang terhitung cepat sejak kehadiran model pendahulunya. Strategi dan persaingan dengan produsen lain menyebabkan hal semacam itu bisa saja terjadi.

Secara umum, smartphone Samsung Galaxy A20s ini menawarkan fitur yang cukup menarik dengan harga terjangkau. Meski di kelas yang sama, banyak kompetitor yang menawarkan spesifikasi lebih tinggi. Nah, apakah kamu tertarik untuk membeli smartphone Samsung Galaxy A20s?

Terkait

Terkini