Jum'at, 16 April 2021

Selebgram Debri Sumule Dikasihani gegara Cuci Piring, Beri Respons Menohok

Komentar tersebut menganggap bahwa cuci piring bukanlah tugas pria.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Selebgram Debri Sumule (instagram.com/debrisumule)
Selebgram Debri Sumule (instagram.com/debrisumule)

Dewiku.com - Pekerjaan rumah tangga bukanlah kewajiban bagi perempuan semata. Sebaliknya, baik laki-laki maupun perempuan dituntut untuk cakap dalam melakukan pekerjaan rumah tangga.

Sayangnya, masih ada juga yang menilai bahwa pekerjaan rumah tangga harus dilakukan oleh kaum perempuan saja. Salah satu contohnya adalah komentar yang diterima selebgram satu ini.

Dikutip dari cuitan Twitter miliknya yang viral, selebgram Makassar Debri Sumule tampak mengunggah tangkap layar dari Instagram. Di sana, ia tampak sedang mencuci piring.

Unggahan story Instagram tersebut rupanya menuai respons dari salah satu pengikut. Di sana, tampak seorang warganet yang mengasihani Debri Sumule karena mencuci piring.

"Cuci piring? Hell no, you're boy, boy nggak cuci piring di aturan keluarga gue. Ah nggak tega lihatnya," tulis komentar tersebut.

Setelah membaca komentar yang menyiratkan bahwa pria tidak semestinya diminta cuci piring, Debri Sumule tidak tinggal diam. Pria asal Makassar ini memberi balasan singkat tapi menohok.

"Keluargamu keluargamu, keluargaku keluargaku," cuitnya di Twitter.

Dikomentari karena Cuci Piring, Selebgram Debri Sumule Beri Balasan Ini (twitter.com/debrisumule)
Dikomentari karena Cuci Piring, Selebgram Debri Sumule Beri Balasan Ini (twitter.com/debrisumule)

Cuitan Debri Sumule ini rupanya sukses mencuri perhatian publik. Sejak dibagikan, sudah ada 17,1 ribu pengguna yang menyukai cuitan tersebut.

Selain memuji, ada pula yang turut membalas dengan curhatan bahwa masih banyak keluarga patriarki yang membebankan pekerjaan rumah tangga kepada perempuan.

"Sedih banget keluargaku patriarki. Anak cewek harus cuci piring, nyapu, dll. Saudara gue yang laki-laki main game rebahan mulu, mau makan pun disiapin, lah aku macam babu di rumah," curhat seorang warganet.

"Keluarganya ayahku juga gitu, mbahku aja bakal marahin satu rumah kalau tau ada cowok yang nyuci piring. Tapi justru aku salut sih sama cowok yang bisa kerjaan rumah," komentar warganet lain.

"Laki nggak boleh cuci piring? Gimana ya kalau dia ngekos, masa iya piringnya sekali pakai doang," sindir komentar lain.

"Masak, cuci piring, cuci baju, sapu dan pel rumah adalah basic skill hidup yang genderless."

"Basic life skill kok dilarang, kasian amat nggak bisa mandiri. Malah menurut gue berbagi pekerjaan rumah tangga di weekend itu hal yang mendekatkan dan menyenangkan," tegas warganet lainnya.

Terkait

Terkini