Minggu, 24 Januari 2021

6 Cerita Belanja Online Paling Nyesek 2020, Ada Serum Murah Dijual Kiloan

Ada pula pembeli yang syok karena akunnya diblokir selama 980 tahun!

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi belanja melalui online shop. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi belanja melalui online shop. (Unsplash/Rawpixel)

Dewiku.com - Belanja online merupakan aktivitas yang kian digemari masyarakat pada tahun 2020 ini, apalagi di tengah pandemi. Sayangnya, ada saja insiden buruk yang bisa terjadi dan sering kali membuat geleng-geleng kepala.

Tidak selamanya sesuai harapan, banyak juga orang yang mengalami kesialan gara-gara belanja online. Dirangkum dalam kaleidoskop 2020, inilah beberapa kisah belanja online yang bikin nyesek sepanjang tahun ini:

Akun pembeli diblokir hingga 980 tahun

Melansir World of Buzz, pria asal China bermarga Zhu awalnya membeli arloji senilai Rp65 juta. Namun tak sampai semenit kemudian, dia merasa sudah terlalu gegabah sehingga menggunakan fitur refund.

Ilustrasi belanja online. (Shutterstock)
Ilustrasi belanja online. (Shutterstock)

Namun, aksi itu malah dianggap sebagai penyalahgunaan fasilitas keanggotaan. Pihak e-commerce menyayangkan sikap Zhu yang dinilai menimbulkan kerugian nonmateri seperti mengganggu kepentingan orang lain dan menghambat operasional mereka.

Akibatnya, akun milik Zhu diblokir selama 980 tahun dan baru bisa digunakan lagi pada tahun 2999. Duh!

Viral serum dijual kiloan

Juni 2020, publik dibikin geger setelah melihat produk serum yang dijual dalam takaran kilogram. Harganya pun terbilang sangat murah. "Serumnya kiloan dong, kayak minyak goreng," ungkap seorang warganet via akun Twitter @ohmybeautybank.

Pada foto yang disertakan, tampak dua jeriken berisi cairan berwana putih gading yang bertuliskan "Serum 5 Kg." Dijual via e-commerce, harga produk yang dinamai "Serum Gold Kiloan Super Bagus" itu hanya Rp300 ribu. Hal itu langsung membuat banyak orang terheran-heran.

"Udah kayak endapan lemak aja," celetuk seorang warganet.

COD banyak syarat karena takut suami selingkuh

Salah satu metode pembayaran yang disenangi pembeli adalah Cash On Delivery alias COD. Namun, kadang COD bisa menjadi sangat ribet gara-gara perasaan insecure.

Melalui akun @txtdarionlshop, ada penjual yang curhat betapa ribet punya membeli yang takut suaminya selingkuh. Dia dilarang tampil terlalu cantik ketika bertemu si pembeli yang hendak mengambil barang dengan sistem COD.

"Nanti takutnya dia jelalatan sama Mbak. Mohon maaf ya kalau saya cerewet kayak gini, soalnya saya takut Mbak goda suami saya,” chat si pembeli kepada penjual. Ribet banget, deh!

Viral COD Banyak Syarat (twitter.com/txtdarionlshop)
Viral COD Banyak Syarat (twitter.com/txtdarionlshop)

Curhat putus cinta di lapak online shop

Dari unggahan akun Twitter @txtdarionlshop, kisah pembeli yang mendadak curhat saat belanja online juga pernah viral di media sosial.

"Aku pengen curhat, Kak. Jadi ini kan aku beli album buat pacar aku. Pacar aku fanboy, Kak. Terus nggak lama setelah aku kasih albumnya, putus kita, Kak," ungkap si pembeli.

Untungnya, pembeli ini mendapat tanggapan positif. Meski begitu, admin toko online tetap bertanya mengapa dirinya dijadikan teman curhat dadakan. "Btw, kenapa kamu curhatnya ke aku deh. Mana ini platform belanja."

Ternyata ada alasan yang sukses mengundang simpati warganet lain. "Nggak ada temen, Kak," jawab si pembeli.

Idol Kpop kena apes saat belanja online

November 2020, Jeonghan Seventeen curhat tentang pengalaman apesnya ketika belanja online. Curhatan idol Kpop ini lalu diunggah ulang warganet Tanah Air via akun Twitter @txtdarionlshop.

"Belakangan dingin jadi aku membeli ini, tapi ternyata lebih kecil dari yang aku kira. Ini (ukuran) 100 aku seharusnya membeli 500."

Ukuran 100 dan 500 sendiri mengacu pada sistem ukuran baju di Korea. Pada foto yang diunggahnya, Jeonghan terlihat memegang baju lengan panjang berukuran anak kecil alias mini banget.

Jeonghan Seventeen Kena Tipu Belanja Online (twitter.com/txtdarionlshop)
Jeonghan Seventeen Kena Tipu Belanja Online (twitter.com/txtdarionlshop)

Tak disangka, rupanya bukan kali pertama Jeonghan tidak beruntung saat belanja online. "Dan ini udah kedua kalinya dia salah beli di olshop. Sebelumnya dia beli gelas kebanyakan, dikira 7.400 won buat 2 gelas, taunya buat 2 set gelas. Jadi tetiba doi dikirim 12 gelas," ungkap salah satu warganet.

Gamis untuk bayi dalam kandungan

Rabu (16/12/2020) pekan kemarin, akun Twitter @txtdarionlshop membagikan tangkap layar online shop yang menjual gamis untuk anak-anak. Toko itu menyediakan berbagai ukuran gamis sesuai perkembangan anak.

Namun, deskripsinya justru membuat bingung. Ada gamis untuk anak usia 4, 6, 8, hingga 10 tahun. Bahkan, terdapat ukuran gamis untuk bayi dalam kandungan.

"Emang di dalam kandungan ada pengajian pakai gamis segala?" komentar seorang warganet.

Itulah beberapa kisah soal belanja online yang pernah bikin warganet tak habis pikir sepanjang 2020 ini. Ada yang punya pengalaman seperti mereka?

Terkait

Terkini