Minggu, 24 Januari 2021

Mengenal Perbedaan CCTV dan IP Camera untuk Mengoptimalkan Hunian Anda

Berikut perbedaan CCTV dan IP Camera yang perlu Anda tahu.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
IP Camera Bardi. (Dok : Bardi)
IP Camera Bardi. (Dok : Bardi)

Dewiku.com - Jika membicarakan mengenai gaya hidup modern, kehadiran dari CCTV sebagai kamera pengawas dapat menjadi salah satu hal yang harus dimiliki bagi Anda yang menginginkan konsep hunian yang aman dan juga nyaman. Pasalnya, CCTV tidak hanya berguna untuk mengawasi orang-orang yang mencurigakan. Dalam gaya hidup modern, CCTV sendiri kerap kali digunakan untuk mengawasi kurir paket yang datang hingga mengasuh buah hati dan hewan di dalam rumah. Oleh karena itu, memiliki sebuah CCTV pada hunian Anda menjadi hal yang perlu.

Kendati demikian, seiring berkembangnya teknologi, saat ini hadirnya IP camera sebagai kamera pengawasan sudah mampu untuk menangkap gambar dengan resolusi tinggi dan detail waktu dari jarak dan pencahayaan apapun. IP camera sendiri dapat memiliki resolusi kamera hingga melampaui 4K kamera CCTV analog pada umumnya. Kendati demikian, prinsip utama dari CCTV dan IP camera ini bisa dibilang hampir sama, yaitu merekam aktivitas yang nantinya dikirimkan ke sebuah perangkat dengan melalui aplikasi atau ditampilkan pada monitor. Untuk ulasan lebih lanjutnya, berikut ini ulasan lengkapnya.

Apa itu CCTV?

Closed Circuit Television atau yang biasa dikenal dengan sebutan CCTV, merupakan sistem dari kamera pengawas yang mengirimkan hasil dari kamera pengawas yang terhubung ke suatu lokasi tertentu. Adapun jaringan dari kamera keamanan CCTV ini membentuk sistem yang lengkap dengan sinyal yang tidak dapat didistribusikan secara publik ke penerima di luar.

Apa itu IP Camera?

IP camera merupakan kamera video digital yang berfungsi  untuk mengirim hasil dari rekaman video menggunakan jaringan komputer. IP camera sendiri merupakan teknologi kamera pengawasan yang penyimpanan videonya dilakukan secara digital dan harus menggunakan jaringan internet. Selain itu, IP camera cenderung lebih mudah dipasang dan memiliki keunggulan untuk memperluas hubungan jaringannya secara lebih fleksibel.

Apa perbedaannya?

1. Kualitas gambar

Jika membicarakan mengenai kualitas gambar, kualitas gambar dari IP Camera jauh lebih bagus daripada CCTV Analog pada umumnya. Pasalnya, resolusi maksimal dari kamera CCTV pada umumnya tidak sampai setengah megapixel. Pada sisi lainnya, IP Camera memiliki resolusi yang jauh lebih besar, hingga 3 megapixel. Sudut pengambilan gambar dari IP Camera juga terbilang jauh lebih besar dan luas, hingga dua kali lipat lebih besar dari CCTV pada umumnya.

2. Analisa video

Pada umumnya, CCTV memiliki daya simpan yang lebih rendah karena hanya bertahan untuk beberapa saat saja. Sementara itu, IP Camera mampu menyimpan hasil rekaman lebih lama dan besar, sehingga membuat analisa dari video akan lebih mudah untuk dilakukan.

3. Efisiensi

Ketika membicarakan mengenai efisiensi dari kedua jenis kamera pengawasan ini, IP Camera jauh lebih unggul karena tidak membutuhkan perangkat keras yang rumit. Penggunaan IP Camera jauh lebih sederhana karena pada umumnya IP Camera sudah terintegrasi dengan perangkat smartphone Anda.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai perbedaan dari CCTV dan IP Camera. Dalam menciptakan gaya hidup yang modern, IP Camera dapat dikatakan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Bagi Anda yang mencari IP Camera, Anda dapat mempercayakannya kepada Smart IP Cam dari Bardi Smarthome Indonesia.

Mengapa Harus Smart IP Cam Bardi Smarthome Indonesia?

Selain karena merupakan produk asli Indonesia, Bardi Smarthome Indonesia juga menyediakan beragam jenis produk IP Camera yang berkualitas, salah satunya Smart IP Cam. Berikut ini ragam jenis produk Smart IP Cam besutan Bardi Smarthome Indonesia.

IP CAMERA IDR – IPC – STC

Bardi Smart IP camera merupakan kamera pintar yang terintegrasi dengan suara pada smartphone. Slot IP cam Bardi juga cenderung besar, hingga 128GB dan dapat memberikan notifikasi bila ada orang yang melewatinya pada jam tertentu.  Selain itu pada posisi gelap, IP cam tersebut akan otomatis berubah menjadi mode night vision. Untuk penggunaannya, kamera ini dapat disambungkan ke listrik dan diposisikan sesuai keinginan. Smart IP Cam dari Bardi ini juga dapat berputar 180 derajat sesuai penempatan.

IP Camera Bardi. (Dok : Bardi)
IP Camera Bardi. (Dok : Bardi)

IPCAM INDOOR PTZ

Bardi Smart Indoor PTZ Camera merupakan kamera pintar yang dilengkapi oleh mode malam hingga +1080P serta dapat terintegrasi dengan suara pada smartphone. Bardi Smart Indoor PTZ Camera ini juga memiliki slot penyimpanan yang cukup besar, sebesar 128GB dan dapat memberikan notifikasi bila ada orang yang melewatinya. Selain itu, Bardi Smart IP Camera ini juga dapat berorientasi hingga 360 derajat dan memiliki fitur pan serta tilt hingga 60 derajat lebih luas untuk hasil pengawasan yang lebih menyeluruh.

IPCAM OUTDOOR STC

Bardi Smart Outdoor Static IP Camera merupakan kamera pintar yang dapat menayangkan rekaman video dan suara lewat aplikasi pada perangkat smartphone Anda. IP Camera yang satu ini juga memiliki slot penyimpanan sebesar 128GB dan dapat memberikan notifikasi jika ada orang yang melewatinya pada jam-jam tertentu.

IP Camera Bardi. (Dok : Bardi)
IP Camera Bardi. (Dok : Bardi)

Selain itu, IP Camera ini juga dilengkapi dengan mode malam. Untuk pemasangannya, Anda hanya perlu menyambungkannya dengan listrik dan meletakkan sesuai keinginan Anda. Orientasi dari kamera ini hingga 130 derajat sesuai penempatannya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan produk Smart IP Cam dari Bardi Smarthome Indonesia, Anda dapat langsung mengunjungi laman resmi dari Bardi Smarthome Indonesia atau melalui media sosial Instagram Bardi Smarthome Indonesia di @bardismarthome. Anda juga bisa menonton video pengenalan produk Smart IP Cam pada link berikut ini https://youtu.be/OVCIKGOYPkU.

Terkait

Terkini