Rabu, 25 November 2020

Tak Punya Hasrat Jadi Ibu, Wanita Ini Lakukan Sterilisasi di Usia Muda

Meski jadi kontroversi, wanita ini tetap berpegang pada keputusannya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi perempuan memutuskan steril. (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan memutuskan steril. (Shutterstock)

Dewiku.com - Sosok seorang perempuan asal Argentina tengah menjadi perdebatan di media sosial. Wanita tersebut ramai dibicarakan karena mantap tidak mau punya anak dan melakukan sterilisasi di usia muda.

Ailin Cubelo Naval tengah ramai dibicarakan oleh warganet Amerika Selatan. Menyadur Oddity Central, Ailin menjadi steril meski usianya baru 22 tahun.

Ailin sudah lama meyakini bahwa dia tidak mau punya anak. Menurut Ailin, kewajiban menjadi ibu lebih terasa sebagai beban sosial dibandingkan insting alami.

Sayangnya, pandangan Ailin ini dianggap kontroversial di Argentina. Ailin sempat ditolak ginekolog hingga dua kali saat ingin mengikat tuba falopi miliknya.

Bahkan, dokter menyarankan Ailin untuk bertemu psikolog. Namun, wanita ini tidak menyerah begitu saja.

Setelah melakukan riset, Ailin sadar bahwa operasi pengikatan tuba falopi adalah hal legal. Argentina bahkan memiliki hukum yang menjamin hak warganya untuk melakukan operasi ini.

Ailin Cubelo, Wanita yang Steril di Umur 22 Tahun (youtube.com/Conectate Puebla)
Ailin Cubelo, Wanita yang Steril di Umur 22 Tahun (youtube.com/Conectate Puebla)

Pada akhirnya, Ailin berhasil menemukan dokter yang mau melakukan operasi pada dirinya. Ailin juga tak menyesali keputusannya menjadi steril.

"Layaknya orang-orang yang mengganggap hasrat sebagai ibu adalah sesuatu yang alami, untukku tidak menjadi ibu adalah alami. Aku mengikat tuba falopiku karena aku tidak mau punya anak, tidak sekarang atau nanti."

Wanita 22 tahun ini mengaku tidak suka dengan pandangan bahwa wanita harus menjadi sosok penyayang dan menjadi ibu.

"Aku percaya menjadi orangtua bukan sesuatu yang alami, ini adalah tekanan budaya. Kebanyakan orang tidak pernah bertanya kenapa mereka harus menjadi orang tua. Mereka mengikuti jalur: wanita mesti bereproduksi di dunia ini."

"Dengan kata lain, kalau kau punya rahim, kau harus melahirkan anak. Itu takdirmu," imbuh Ailin.

Ailin pertama sadar bahwa dia tak ingin punya anak saat masih SMA. Selama 5 tahun, Ailin menggunakan pil kontrasepsi dan kondom.

Namun, Ailin akhirnya mantap untuk melakukan metode kontrasepsi yang lebih permanen. Dia pun memutuskan menjadi steril.

Ailin Cubelo, Wanita yang Steril di Umur 22 Tahun (twitter.com/rumbonuevo)
Ailin Cubelo, Wanita yang Steril di Umur 22 Tahun (twitter.com/rumbonuevo)

Walau dinilai terlalu muda untuk melakukan prosedur ini, Ailin tidak peduli. Di sisi lain, dia juga menghormati keputusan orang-orang yang memilih menjadi ibu.

"Aku cuma berpikir ini waktunya berhenti menghakimi orang yang tidak ingin punya anak. Kami bukan makhluk aneh. Kami adalah orang-orang yang tidak akan menyesal melakukan ini."

Misal nantinya Ailin berubah pikiran, wanita ini mengatakan bahwa dirinya memilih mengadopsi. Bagi dia, adopsi anak jauh lebih baik karena masih banyak anak yatim piatu yang butuh sosok orangtua.

Terkait

Terkini