Sabtu, 31 Oktober 2020

Dikomentari Seksis, Kapten Kapal Pesiar Perempuan Beri Tanggapan Menohok

Tanggapan sang kapten menjadi viral dan menuai pujian warganet.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Kapten Kapal Pesiar Kate McCue (instagram.com/captainkatemccue)
Kapten Kapal Pesiar Kate McCue (instagram.com/captainkatemccue)

Dewiku.com - Hingga kini, profesi pilot dan kapten kapal masih didominasi oleh kaum lelaki. Meski begitu, beberapa perempuan mulai merambah profesi pilot hingga kapten kapal.

Kate McCue adalah perempuan pertama asal Amerika Serikat yang menjadi kapten kapal pesiar. Wanita 42 tahun ini menjadi kapten untuk Celebrity Cruises.

Beberapa waktu lalu, sosok Kate McCue menjadi viral di media sosial. McCue ramai dibicarakan setelah memberikan respons cerdas pada komentar seksis.

Melansir Independent, profesi McCue membuatnya kerap menerima komentar seksis. Biasanya, McCue memilih untuk mengabaikan komentar-komentar yang ada.

Kapten Kapal Pesiar Kate McCue (tiktok.com/captainkatemccue)
Kapten Kapal Pesiar Kate McCue (tiktok.com/captainkatemccue)

Namun, Kate McCue kembali mendapat komentar seksis lewat TikTok. Pria di komentar itu menulis, "Bagaimana bisa kau menjadi kapten? Kau cuma seorang perempuan."

Menanggapi komentar itu, McCue memilih memberikan jawaban cerdas lewat video. Kapten kapal ini menyoroti kesalahan penggunaan tata bahasa yang ada.

"Biasanya aku membaca komentar dan kalau aku melihat sesuatu seperti ini, aku bakal mengabaikannya dan melanjutkan hidupku."

"Tapi kupikir ini waktunya memberikan tanggapan, karena ini 2020 dan aku kaget ada yang masih tak tahu perbedaan antara you're dan your."

Ternyata warganet yang memberi komentar seksis menulis 'your only a woman' alih-alih 'you're only a woman'. Hal inilah yang disoroti oleh Kate McCue.

"Sekadar referensi, you're adalah you are, contohnya seperti you're sexist (kamu seksis). Your adalah bentuk kepemilikan, sesuatu yang melekat padamu. Seperti your ignorance (sikap ketidakpedulianmu)."

Pada akhir video, Kate McCue pun menambahkan bahwa dirinya siap memberikan klarifikasi kepada orang-orang yang berkomentar seksis.

"Jangan cemas, aku di sini untuk kalian. Kalau kalian butuh klarifikasi, kau bisa menemukanku di sini, di kursi kapten," ujarnya sambil menampakkan kursi di kapal pesiar.

Aksi Kate McCue membalas komentar rasis itu telah ditonton ratusan ribu kali, mendapat lebih dari 170.000 likes, dan 10.000 komentar.

Kapten Kapal Pesiar Kate McCue (tiktok.com/captainkatemccue)
Kapten Kapal Pesiar Kate McCue (tiktok.com/captainkatemccue)

Banyak warganet terkesan dengan cara sang kapten mengatasi komentar seksis yang ditujukan pada dirinya.

"Ini yang terbaik, mengatasi komentar jahat dengan percaya diri dan juga kelas grammar. Dia jelas berhak duduk di kursi kapten," komentar seorang warganet.

"Balasan dan sarkasme yang berkelas! Dia adalah seorang ratu!" begitu pujian dari warganet lain.

Terkait

Terkini