Minggu, 27 September 2020

Bukan Hanya Skincare, Berikut Rahasia Kulit Memukau Orang Korea

Perawatan kulit 10 langkah ala Korea Selatan begitu populer. Namun, ternyata bukan hanya itu rahasia kulit sehat orang Korea.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Yoona SNSD. (Instagram/@yoona__lim)
Yoona SNSD. (Instagram/@yoona__lim)

Dewiku.com - Selama ini, perawatan kulit 10 langkah ala Korea Selatan kerap disebut sebagai rahasia orang-orang Negeri Gingseng bisa mendapatkan kulit sehat dan menakjubkan. Namun, apakah ini benar-benar akan berhasil jika orang Indonesia yang menerapkannya?

Apakah ada sesuatu yang kita lewatkan sehingga kulit sempurna seperti orang Korea sangat sulit kita miliki? Jawabannya mungkin ada pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. 

"Segala sesuatu yang kamu makan tak hanya menjadi bagian dari dalam dirimu, tetapi juga bagian luar tubuhmu.  Semakin sehat makanan yang kamu konsumsi, semakin baik penampilan kulitmu," ujar Samantha Heller, MS, RD, ahli gizi klinis di NYU Medical Center di New York City, dilansir dari Metro Style.

Ya, kulit bercahaya layaknya porselen yang kita lihat pada kebanyakan orang Korea bukan hanya didapatkan dengan perawatan kulit dan riasan.

Sebagian besar rahasia mereka adalah pola makan seimbang yang kaya akan protein panggang, nasi, teh, dan sayuran fermentasi. Banyak makanan kaya nutrisi yang membuat kulit bersinar halus.

Ilustrasi Makanan Korea (Pixabay/changupn)
Ilustrasi Makanan Korea (Pixabay/changupn)

"Makanan dicerna dan dipecah menjadi vitamin, mineral, dan asam amino yang dapat digunakan tubuh untuk membangun kulit sehat. Kalau kamu diet ketat atau makan makanan yang diproses, kulitmu tentu tidak akan kuat dan kenyal," tambah Dr. Jessica Wu, seorang dokter kulit bersertifikat dan penulis buku yang berbicara tentang pentingnya diet yang baik untuk perawatan kulit yang berjudul, Feed Your Face.

Sebagai informasi, diet Korea adalah perpaduan sehat dari semua makanan enak yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Nah, berikut beberapa makanan Korea paling populer yang harus kamu tambahkan ke dietmu sehari-hari untuk membantumu mendapatkan kulit yang bercahaya dan indah.

1. Kimchi

Kimchi mungkin termasuk makanan Korea paling terkenal yang juga identik dengan budaya makanan Korea. Sebagai makanan yang kaya akan probiotik, kimchi tidak hanya baik untuk usus. 

Menurut Belinda Duncan, Pendidik di Beauty EDU, probiotik yang ditemukan dalam makanan seperti kimchi bekerja dengan membantu kulit mendapatkan kembali keseimbangan pH alaminya, seperti yang mereka lakukan untuk usus dengan menetralkan serta membuang racun.

Kimchi juga tinggi vitamin C dan beta-karoten yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Meningkatkan elastisitas artinya bisa mengurangi munculnya garis halus dan kerutan.

Sajian khas Korea, kimchi. (Pixabay/ally j)
Sajian khas Korea, kimchi. (Pixabay/ally j)

2. Sup kaya kolagen

Masakan Korea dipenuhi berbagai macam sup hangat yang kaya kolagen seperti sup kolagen urat daging sapi tendon, Seolleongtang (sup tulang sapi), kaldu ayam kolagen, dan masih banyak lagi. 

Kita semua tahu bahwa kolagen merupakan cawan suci dalam hal perawatan kulit.  Banyak yang bahkan mengonsumsi suplemen kolagen hanya untuk menambah kolagen dalam tubuh mereka, yang penting dalam mencegah penuaan kulit, seperti mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

3. Teh Barley Korea

Teh Barley Korea atau boricha adalah jenis teh yang terbuat dari barley panggang dan air. Minuman bebas kafein ini populer sebagai sajian pokok di setiap rumah tangga Korea.  

Selama hari-hari musim panas, kamu akan menemukan teh ini untuk pendinginan. Di bulan-bulan yang lebih dingin, teh ini bakal disiapkan panas.  

Manfaat minum boricha tidak terbatas, termasuk melindungi penglihatan, bertindak sebagai antasid alami, menurunkan kadar kolesterol, dan sangat bagus sebagai bantuan tidur.  

Minuman ini juga kaya dengan lignan dan antioksidan lain yang dapat melawan stres oksidatif yang merupakan faktor utama penuaan. Nutrisi yang ditemukan dalam boricha juga melindungi kulit dari kerusakan sel serta meningkatkan kadar kolagen.

4. Makgeolli

Bahkan alkohol yang dikonsumsi orang Korea pun bagus untuk kulit. Makgeolli atau anggur beras yang difermentasi adalah makanan pokok Korea yang biasanya disajikan dalam mangkuk, bukan cangkir.  

Minuman ini biasanya mengandung 6 hingga 8 persen alkohol dan juga kaya akan kandungan yang baik untuk usus, serta probiotik yang ramah kulit. Makgeolli juga kaya akan asam amino seperti lisin dan metionin untuk menjaga kekencangan kulit, serta vitamin 82 dan B3 untuk membantu mencerahkan kulit.

5. Doenjangjjigae

Rebusan pasta kedelai Korea ini adalah favorit yang dibuat dengan doenjang atau pasta kedelai yang difermentasi. Karena difermentasi, ia jadi memiliki lebih banyak manfaat gizi dibandingkan kedelai biasa. 

Doehjang adalah sumber peptida bioaktif yang baik dan punya banyak manfaat bagi kulit seperti menjaga kulit tetap bercahaya dan memperlambat proses penuaan. Makanan ini juga kaya vitamin E, yang merupakan antioksidan hebat yang membantu melindungi dan memperbaiki kulit Anda.

6. Rumput laut

Rumput laut belakangan ini menjadi populer sebagai bahan dalam perawatan kulit Korea karena manfaatnya yang sangat banyak.

Bahan ini kaya akan humektan yang bagus untuk hidrasi, mengandung mineral alami untuk menyembuhkan jerawat dan masalah kulit sensitif, serta penuh dengan antioksidan dan vitamin B dan C untuk meratakan pigmentasi kulit.  

Jadi jika mengaplikasikannya secara topikal saja sudah menghasilkan keajaiban, bayangkan jika kamu mengonsumsinya. Orang Korea sendiri suka menggunakan rumput laut dalam segala hal, seperti sup, kimbap, dan samgyeopsal.

"Vitamin C yang kaya dalam rumput laut memberikan manfaat kecantikan tambahan dalam mendukung produksi kolagen, dan niasin alami sangat bagus untuk hiperpigmentasi dan noda.  Chlorella adalah rumput laut pembersih yang berguna untuk menghilangkan racun, logam berat, dan radiasi," papar Ahli gizi holistik, Sally Pansing Kravich. (*Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini