Selasa, 04 Agustus 2020

Cobalah Berhenti Membenci Diri Sendiri, Terapkan 5 Tips Berikut

Banyak orang yang tidak tahu mesti bagaimana ketika mulai membenci diri sendiri.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Yuris)
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Yuris)

Dewiku.com - Belajar mencintai diri sendiri dapat memberikan banyak kebaikan untuk kesehatan mental. Meski begitu, ada sebagian orang yang mungkin sangat susah melakukannya karena mereka malah cenderung membenci diri sendiri.

Melansir Yourtango, ada berbagai faktor yang dapat membuat seseorang memberi dirinya sendiri. Hal itu antara lain kebiasaan selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, sikap perfeksionis, hingga trauma masa lalu.

Kalau kamu mengalaminya dan sedang berusaha untuk berhenti membenci diri sendiri:

Jika Sedang Sedih, Sebaiknya Hindari Makanan dan Minuman Ini ( Shutterstock )
Ilustrasi merasa sedih. ( Shutterstock )

1. Waspadai suara batinmu yang berkata membenci diri sendiri

Meskipun mungkin terdengar seperti suara dari lubuk hati terdalam, sebenarnya itu adalah musuh terburuk bagimu. Hati nuranimu tentu menginginkan yang terbaik untukmu dan kebencian terhadap diri sendiri bukanlah salah satunya.

2. Menerima diri sendiri apa adanya

Ini bisa dimulai dengan membuat daftar berisi hal-hal baik yang kamu punyai. Ini bukan tentang penampilan fisik, pekerjaan, atau kekayaan, melainkan dari dalam dirimu sendiri.

Apakah kamu baik, penyayang, murah hati, dan lucu? Perhatikan siapa kamu sebenarnya dan apa yang bisa membuatmu bersemangat. Penerimaan diri adalah kunci penting untuk belajar mencintai diri sendiri.

3. Maafkan orang lain dan dirimu sendiri atas kesalahan maupun penyesalan masa lalu

Di sini kamu mungkin memerlukan beberapa dukungan atau bantuan tambahan. Itu dapat datang dari teman dekat, keluarga, hingga terapis yang bisa membantu memandu kamu melepaskan masa lalu dan terus fokus melangkah maju.

Saat sedih dunia terlihat lebih kelabu (Ilustrasi Shutterstock).
Ilustrasi perempuan sedang sedih. (Shutterstock).

4. Adanya belas kasih untuk diri sendiri

Pahami dan maklumi dirimu sendiri. Kalau kamu mulai dapat melihat dirimu sebagai sahabat baikmu sendiri, rasa benci itu perlahan akan memudar.

5. Ketahuilah bahwa betapa pun istimewanya dirimu, kamu tak sempurna dan tidak bisa mengendalikan dunia atau orang-orang di sekitarmu

Kamu mesti belajar untuk mengakui dan menerima apa yang bisa dan tak bisa kamu kendalikan. Curahkan energimu untuk sesuatu yang bisa kamu kendalikan dan lepaskan hal yang tak dapat kamu kendalikan.

Memang ada begitu banyak hal yang bisa terjadi di luar kendalimu sehingga kamu tak perlu membenci diri sendiri karenanya.

Terkait

Terkini