Minggu, 27 September 2020

Cetak Sejarah di Dunia Mode, Begini Cantiknya Transgender Valentina Sampaio

Valentina Sampaio belum lama ini jadi model transgender pertama untuk produk pakaian renang.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Valentina Sampaio (Instagram/@valentts)
Valentina Sampaio (Instagram/@valentts)

Dewiku.com - Supermodel Valentina Sampaio berhasil mencetak sejarah baru-baru ini. Wanita 23 tahun itu berkesempatan menjadi model transgender pertama untuk majalah Sports Illustrated.

Valentina Sampaio akan tampil sebagai model pakaian renang untuk Sports Illustrated: Swimsuit yang terbit 21 Juli 2020 mendatang. Dirinya juga disebut sebagai 2020 Rookie oleh majalah itu.

"Aku sangat dipenuhi oleh kegembiraan ketika mendengar berita tersebut. Perasaan ini tak nyata," ungkap Valentina kepada laman People, seperti dilansir dari Your Tango.

"Untuk datang dari tempat yang penuh rasa takut dan tersingkirkan, dan kini bisa bergabung dalam salah satu majalah paling ikonik yang merangkul perbedaan, ini mengubah hidup."

Sebagai transgender, ini bukan pertama kalinya Valentina mencetak sejarah. Sebelumnya, dia juga sukses menjadi model majalah ternama.

Valentina Sampaio (instagram.com/valentts)
Valentina Sampaio (instagram.com/valentts)

Valentina Sampaio lahir pada 10 Desember 1996 di Aquiraz, Brazil. Sejak kecil, dia sudah merasa jika dirinya lebih cocok menjadi perempuan.

Keputusannya untuk menjadi transgender pun didukung oleh kedua orangtua. Namun, Valentina tidak pernah mengungkapkan nama aslinya pada publik.

Umur 16 tahun, sosok Valentina mulai dilirik oleh MUA dan agensi model. Valentina pertama kali berjalan di catwalk pada Sao Paulo Fashion Week di November 2016.

Sejak itu, kariernya sebagai model pun melesat. Valentina Sampaio pernah menjadi model dan duta besar sampo L'Oreal.

Tak cuma itu, Valentina Sampaio juga sukses menjadi model untuk majalah Vogue Paris pada Maret 2017 silam.

"Rasanya sangat luar biasa. Aku sangat bahagia dan bangga. Ini adalah mimpi yang menjadi nyata. Vogue Paris selalu menjadi referensi dan inspirasi bagiku," ungkap Valentina kala itu.

Valentina Sampaio (instagram.com/valentts)
Valentina Sampaio (instagram.com/valentts)

Valentina juga diketahui pernah menjadi model untuk majalah Vogue Brasil dan Jerman pada 2017 lalu.

Sementara tahun 2018, Valentina sempat mengikuti casting untuk merek Victoria's Secret. Sayangnya, Valentina saat itu ditolak.

Namun, usaha Valentina Sampaio tak berhenti sampai di situ. Pada 2019, Valentina akhirnya dipilih Victoria's Secret untuk menjadi salah satu model mereka.

"Ini merepresentasikan kemenangan, bukan hanya untuk komunitas transgender, tapi juga untuk orang-orang yang kurang direpresentasikan di bidang fesyen," ungkap Valentina saat bicara tentang pencapaiannya.

"Kita melewati sebuah momen, sebuah evolusi, dan ini positif. Merek terkenal akhirnya belajar dan memahami pentingnya perbedaan dan inklusivitas. Ini momen yang penting bukan hanya untukku, tapi untuk komunitasku dan yang lainnya," imbuh Valentina Sampaio.

Terkait

Terkini