Selasa, 27 Oktober 2020

Bisa Sembuhkan Penyakit Kulit, Ibu Ini Membuat Sabun dari ASI Miliknya

Tak ingin ASI sia-sia, ibu ini memilih untuk menjadikannya sabun batang.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi menyusui. (Pixabay/Public Domain Pictures)
Ilustrasi menyusui. (Pixabay/Public Domain Pictures)

Dewiku.com - Manfaat air susu ibu (ASI) sudah tak perlu diragukan. Selain baik untuk tumbuh kembang bayi, ASI ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

Ashley White adalah seorang ibu berusia 31 tahun asal Inggris. Dia melahirkan seorang putri bernama Mia pada April 2020 lalu.

Melansir The Sun, Ashley rupanya terinspirasi oleh ibu-ibu lainnya. Dia memutuskan untuk membuat sabun dari ASI bagi keluarganya.

"Mulanya ini susah karena Mia tak mau menyusu dan ASI-ku tidak mau keluar. Tapi begitu ASI-ku keluar, aku ingin mencari cara lain untuk memanfaatkannya," ungkap dia. "Aku tidak mau ASI-ku terbuang sia-sia karena ini terasa seperti sebuah pencapaian."

Air susu. (Pixabay/falovelykids)
Air susu. (Pixabay/falovelykids)

Tidak cuma itu, putri pertama Ashley White yang berusia 10 tahun menderita penyakit kulit eksema. Sementara, ASI dipercaya bisa membantu mengobati penyakit kulit tersebut.

"Suamiku Paul dan aku cuma menggunakan sabun untuk tangan kami, tapi kami memandikan Mylee dan Mia dengan ini, dan tak akan lama sampai kami sekeluarga juga melakukannya."

Sabun itu sendiri dibuat Ashley dengan cara melelehkan gliserin di microwave, dan mencampurnya dengan ASI dan minyak aromaterapi.

Kini, Ashley White telah memiliki satu kulkas penuh sabun dari ASI. Dia juga berniat menjualnya karena banyak orang di media sosial menunjukkan ketertarikan mereka.

"Aku benar-benar mempertimbangkan untuk menjualnya. Aku menemukan banyak orang yang tertarik," ungkap Ashley. "Aku cuma membuat sabun untuk saat ini, aku belum mencoba untuk membuat lotion, jelly, dan mandi susu."

Ilustrasi sabun. (Shutterstock)
Ilustrasi sabun. (Shutterstock)

Sejauh ini, sabun dari ASI itu sendiri diklaim sudah membuat kulit Ashley White dan keluarganya menjadi lebih sehat serta lembut.

Walau kedengarannya aneh, praktek membuat sabun dari ASI sebenarnya bukan hal baru untuk dilakukan.

Selain mengatasi eksema, sabun ASI juga dikenal baik untuk kulit sensitif, mengatasi jerawat, alergi, kulit kering, lecet atau luka, hingga bekas terbakar sinar matahari.

Jika nantinya benar-benar dijual, Ashley White akan menghargai sabun tersebut sebesar 3-4 poundsterling atau sekitar Rp 55 ribu hingga Rp73 ribu per batangnya.

Terkait

Terkini