Rabu, 08 Juli 2020

3 Kesalahan Mengonsumsi Oatmeal, Malah Bikin Gagal Diet

Oatmeal merupakan salah satu superfood yang dipercaya efektif membantu menurunkan berat badan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Sajian oatmeal. (Unsplash/Valeria Tassisto)
Sajian oatmeal. (Unsplash/Valeria Tassisto)

Dewiku.com - Oatmeal selama dikenal sebagai salah satu superfood yang disebut dapat membantu menurunkan berat badan. Oatmeal juga disebut bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat yang baik.

Dalam 128 gram oatmeal, hanya terdapat 165 kalori dengan 28 gram karbohidrat, 4 gram serat, 6 gram protein, dan sejumlah nutrisi lainnya seperti zat besi, magnesium, zinc, fosfor, mangan, serta selenium.

Selain itu, oatmeal mengandung antioksidan yang disebut avenanthramides yang berperan sebagai antiinflamasi, demikian dikutip dari Livestrong.

Namun, di balik manfaat luar biasa terhadap kesehatan itu, ada tiga kesalahan yang harus dihindari agar konsumsi oatmeal bisa membantu menurunkan berat badan. Kira-kira apa saja, ya?

Kreasi sajian oatmeal. (Unsplash/Brooke Lark)
Kreasi sajian oatmeal. (Unsplash/Brooke Lark)

1. Memilih yang mengandung gula tambahan

Mungkin kamu lebih suka oatmeal instan yang telah dijual dengan berbagai rasa dan campuran. Sayangnya, jenis oatmeal tersebut tidak sehat karena memiliki gula tambahan.

Untuk menurunkan berat badan, menghindari gula tambahan sangat penting. Oleh karenanya, pilihlah oatmeal tanpa rasa dan tambahkan sendiri menggunakan buah segar, potongan kacang, atau kayu manis.

2. Mengonsumsinya berlebihan

Ilustrasi oatmeal. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi oatmeal. (Shutterstock)

Mengonsumsi apapun yang berlebihan memang tidak baik, termasuk oatmeal. Jadi, biasakan tak mengonsumsi terlalu banyak. Atur porsi yang cukup per hari biar dietmu tidak berujung gagal.

3. Tak menambahkan apapun

Oatmeal memang sehat. Namun biar lebih seimbang, sebaiknya kita mengonsumsinya dengan menambahkan buah-buahan, biji chia, bahkan telur. Selain itu, bisa juga menggunakan susu dengan tambahan protein seperti biji rami.

Oat merupakan karbohidrat kompleks. Oleh karenanya, menambahkan sedikit protein dan lemak bisa membantu mengenyangkan dan menambahkan nutrisi yang baik. (*Frieda Isyana Putri)

Terkait

Terkini