Minggu, 09 Agustus 2020

Jangan Sembarangan, Cara Membersihkan Sepatu dengan Cairan Disinfektan

Jangan sampai cairan disinfektan malah merusak sepatu kesayangan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Membersihkan sepatu dengan cairan disinfektan (Shutterstock)
Membersihkan sepatu dengan cairan disinfektan (Shutterstock)

Dewiku.com - Bukan hanya perabotan rumah yang perlu dibersihkan dengan disinfektan. Sepatu yang biasa kamu pakai sehari-hari juga bisa dibersihkan dengan disinfektan demi memastikan tak ada virus yang menempel di permukaan sepatu.

Kebersihan adalah faktor vital dalam memerangi penyebaran virus corona. Apalagi, virus bukan cuma terdapat dalam droplet atau tetesan yang dihasilkan ketika seseorang batuk, bersin, dan berbicara, tapi juga mampu menempel di berbagai permukaan.

Namun sebelum membersihkan sepatu dengan disinfektan, perhatikan langkah tepat berikut ini agar tidak merusak sepatu, seperti yang dilansir Times of India.

1. Lakukan pembersihan dengan benar

Pastikan kamu memulainya dengan mengenakan sarung tangan sekali pakai yang bersih. Singkirkan kotoran dari sol dan sisi sepatu terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakan kuas atau tisu untuk membersihkannya.

2. Mulai semprotkan cairan disinfektan

Kamu bisa menggunakan semprotan disinfektan yang dibuat untuk kain pada sepatu. Ini mempunyai kandungan aseton dan pemutih yang lebih rendah yang dapat merusak kain. Cara terbaik adalah menggunakan semprotan aerosol untuk menutupi sepatu secara merata.

Aneka cairan disinfektan. (Unsplash/Allie)
Aneka cairan disinfektan. (Unsplash/Allie)

3. Biarkan mengering

Setelah menggunakan disinfektan, kamu dapat membiarkan sepatu mengering pada suhu kamar. Jauhkan dari sinar matahari dan tunggu sampai benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

4. Cara membersihkan sepatu kulit dan suede

Jika kamu punya sepatu kulit dan suede, kamu dapat membersihkannya menggunakan penghapus suede. Benda ini dapat digunakan untuk menghilangkan segala jenis debu, kotoran atau noda kering pada suede dan dirancang khusus untuk jenis kulit tertentu. Kamu juga dapat menggunakan pembersih kulit untuk hal yang sama.

Sepatu merah. (Unsplash/Junko Nakase)
Sepatu merah. (Unsplash/Junko Nakase)

5. Jangan biarkan sepatu basah

Sepatu basah lebih rentan terhadap bakteri. Jadi, kalau sepatumu basah karena cairan disinfektan yang kamu semprotkan, penting untuk mengeringkan sepatumu dengan benar untuk memastikan hal ini tak menyebabkan kerusakan atau membiarkan kuman tetap tinggal.

Pilihan terbaik adalah membiarkan sepatu mengering secara alami. Hindari kertas dengan tinta atau gambar yang gelap karena bisa menodai sepatu. (*Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini