Kamis, 24 September 2020

Manfaat Buah Kurma, Ternyata Cocok Jadi Camilan Diet Juga

Berikut manfaat buah kurma untuk program dietmu.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Hidangan kurma. (Unsplash/Ella Olsson)
Hidangan kurma. (Unsplash/Ella Olsson)

Dewiku.com - Sebentar lagi, umat muslim dunia sebentar lagi bakal menyambut datangnya Bulan Ramadan 2020. Manfaat buah kurma pun biasanya menjadi kembali sering dibahas.

Kurma memang lumayan identik sebagai sajian andalan selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Secara umum, buah legit nan manis ini memilih banyak manfaat, mulai dari baik untuk kesehatan tulang hingga tinggi antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.

Kurma juga disenangi banyak orang karena rasanya yang manis dan legit. Jadi, tak heran jika selama Ramadan ini, aneka sajian berbahan kurma menunjukkan popularitasnya kembali.

Namun, tahukah kamu kalau kurma bisa bermanfaat menurunkan berat badan? Buah ini juga dapat dijadikan camilan sehat saat diet.

Pembeli memilih kurma di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (2/5). [Suara.con/Arief Hermawan P]
Pembeli memilih kurma di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (2/5). [Suara.con/Arief Hermawan P]

Melansir Hello Sehat, kurma adalah sumber serat makanan yang baik. Tergantung varietas serta tahap kematangannya, sekitar 6,4 persen hingga 11,5 persen kandungan kurma merupakan serat, terutama jenis yang tak larut. Itulah kenapa salah satu manfaat buah kurma adalah menjaga kesehatan pencernaan.

Makanan yang kaya jenis serat tidak larut umumnya dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Jadi jika dimakan setiap hari sekitar 25 - 30 gram, dapat mencegah masalah diare dan sembelit.

Tingginya kandungan fenolik pada buah kurma juga membantu membersihkan usus sehingga berpotensi menurunkan risiko kanker usus.

Pada setiap 100 gram kurma yang dikeringkan, terdapat kandungan 284 kalori dan 76 gram karbohidrat. Angka itu sebenarnya menandakan kurma termasuk makanan tinggi kalori.

Ilustrasi kurma. (Pixabay/Rawpixel)
Ilustrasi kurma. (Pixabay/Rawpixel)

Hanya saja, di waktu bersamaan, buah ini tinggi serat dan jenis protein tak larut. Keduanya membantumu merasa kenyang lebih lama. Itulah mengapa kurma bisa dijadikan camilan saat diet.

Namun, manfaat buah kurma yang tidak terduga ini jangan sampai membuatmu terlena dan jadi ingin memakannya secara berlebihan.

Kalau ingin menurunkan berat badan, tentu kamu tetap harus menjalankan pola makan sehat dan rutin olahraga. Iya, kan?

Terkait

Terkini