Kamis, 01 Oktober 2020

Lebih Berfaedah, Tips Bebas Stres saat di Rumah Aja bagi Para Jomblo

Walau cuma di rumah aja, para jomblo masih bisa bersosialisasi dengan cara menyenangkan, kok.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi suka membaca. (Unsplash/Priscilla Du Preez)
Ilustrasi suka membaca. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Dewiku.com - Adanya social distancing dengan di rumah aja bisa  jadi momen yang tepat untuk menikmati quality time bersama keluarga. Namun, jika tinggal seorang diri dan kebetulan tidak memiliki kekasih alias jomblo? Stres mungkin saja tidak terhindarkan. 

Sebenarnya ada cara untuk meminimalisir stres. Psychotherapist and Coach, Ferry Fibriandan menyarankan, para jomblo fokus terhadap hal yang bisa diatasi selama di rumah aja agar tidak stres. Selain itu, bisa juga memanfaatkan momen ini dengan keluar dari zona nyaman.

"Saat ini kesempatan yang baik untuk memulai belajar keluar dari zona nyaman. Mulai menggali kreativitas untuk mencari aktivitas unik, seru dan menghibur atau belajar hal baru yang selama ini tidak sempat dilakukan," papar dia.

Beberapa di antaranya seperti memasak, melukis, mencoba software baru, meracik kopi, menulis journal serta buku. Keterampilan ini akan membantu dan jadi kemampuan baru yang didapat setelah pandemi ini usai.

Ilustrasi menggunakan rolling pin ketika memasak. (Unsplash/Katerina Smirnova)
Ilustrasi menggunakan rolling pin ketika memasak. (Unsplash/Katerina Smirnova)

Sedangkan jika bosan tidak bisa bertemu teman-teman, coba manfaatkan fasilitas teknologi dan internet, berselancar di dunia maya.

"Banyak sekali aplikasi video conferencing dan meeting online yang bisa kita pakai. Saya pribadi mulai menerapkan conferencing untuk menemui keluarga tercinta yang terpisah jarak," papar Ferry.

"Arisan online dan ngopi online bareng di rumah masing-masing, namun ngobrol dan bercanda dengan teman tetap bisa terjalin," lanjut dia.

Menjadi lebih sehat saat menjalani social distancing juga bukan hal mustahil. Misalnya, membuat sesi live melakukan yoga dan senam bersama teman-teman untuk mengisi waktu luang.

"Coba untuk tidak di satu lokasi yang sama, cobalah di sudut-sudut yang berbeda. Hiasi sudut kamar Anda dengan hiasan-hiasan agar terlihat cantik saat video conferencing dan paling penting membahagiakan diri," ungkap dia.

Minum kopi. (Unsplash/Ava Sol)
Minum kopi. (Unsplash/Ava Sol)

Ferry mengatakan, pada dasarnya mereka yang jomblo lebih mudah menjalani hidup karena cuma berkonflik dengan diri sendiri, beda dengan yang sudah berkeluarga.

"Para single di satu sisi memiliki keunggulan, karena hanya memiliki konflik dengan dirinya sendiri. Dibandingkan yang sudah berkeluarga. Karena potensi konflik akan lebih banyak apabila sudah berkeluarga," kata Ferry dalam diskusi online bersama media beberapa waktu lalu.

Nah, para jomblo yang introvert juga diperkirakan cenderung sangat menyukai situasi seperti itu. Mereka merasa mendapat energi dengan kesendirian dan social distancing ini, berbeda dengan para jomblo ekstrovert.

"Untuk single yang introvert, mungkin lebih mudah, karena memiliki waktu dan memperoleh energi saat berinteraksi dengan diri sendiri. Namun yang ekstrovert akan mengalami kesulitan, karena akan  memperoleh energi dari luar saat sedang bersosialisasi," katanya menerangkan. (*Dini Afrianti Efendi)

Terkait

Terkini