Senin, 28 September 2020

Sempat Viral, Mantan Pengemis Cantik Kini Jadi Influencer

Sosok pengemis cantik ini sempat menjadi viral di media sosial.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi pengemis. (Pixabay/Ben Kerckx)
Ilustrasi pengemis. (Pixabay/Ben Kerckx)

Dewiku.com - Rita Gaviola mungkin termasuk satu dari sedikit perempuan muda miskin paling beruntung di dunia. Hidupnya bisa berubah menjadi jauh lebih baik.

Empat tahun lalu, Rsosok ita yang masih berusia 13 tahun dan berprofesi sebagai pengemis menjadi viral di media sosial. Ia dianggap sebagai pengemis cantik.

Kini, empat tahun kemudian, Rita telah berubah menjadi seorang influencer muda dan telah mengenakan beragam jenama fesyen besar dunia, tampil di stasiun televisi Filipina, sekaligus memiliki 120 ribu lebih pengikut di media sosial.

Empat tahun lalu, ketika masih menjadi pengemis, Rita bekerja meminta-minta di jalanan Kota Lucban, Filipina untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarganya sehari-hari.

Dilansir dari Oddity Central, ayah Rita bekerja sebagai pemulung, sedangkanibunya tinggal di rumah menjaga lima anaknya yang lain. Tidak ada satu pun saudara Rita yang bersekolah. Jangankan sekolah, kadang makan pun tak bisa.

Rita Gaviola, mantan pengemis yang kini jadi influencer. (Instagram/@itsritagaviola)
Rita Gaviola, mantan pengemis yang kini jadi influencer. (Instagram/@itsritagaviola)

Hingga suatu ketika fotografer Filipina Topher Quinto Burgos yang kebetulan menghadiri Festival Pahiyas di Lucban, pada Mei 2016, tertarik dengan kecantikan alami Rita yang tengah mengemis dan mengunggah foto-fotonya di internet.

Sontak hal tersebut mengubah kehidupan gadis itu sepenuhnya. Rita yang terlahir sebagai etnis minoritas Badjao, sekarang telah dijuluki "Gadis Badjao" dan berhasil menarik perhatian beberapa ratu kecantikan Filipina.

Selebriti seperti Miss World Philippines 2015 Hillarie Danielle Parungao, Miss International Philippines 2014 Bianca Guidotti, dan Miss Earth 2015 Angelia Ong bahkan semuanya turun gunung ke media sosial dan memuji bentuk tubuh Rita yang mereka anggap seperti model dengan fitur wajah yang mencolok.

Kendati popularitas Rita telah mereda dalam beberapa tahun terakhir, ia tetap sangat populer di media sosial Filipina, khususnya Instagram.

Rita juga dilaporkan masih menjadi model beberapa kali di waktu luangnya. Namun, sekarang ia memang lebi memprioritaskan pendidikan. (*Risna Halidi)

Terkait

Terkini