Sabtu, 26 September 2020

Keseringan Pakai Hand Sanitizer Bikin Tangan Iritasi, Coba Tips Ini

Penggunaan hand sanitizer setiap hari dan terlalu sering ternyata bisa sangat merusak kulit.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi menggunakan hand sanitizer. (Shutterstock)
Ilustrasi menggunakan hand sanitizer. (Shutterstock)

Dewiku.com - Masyarakat dunia saat ini tengah menghadapi pandemi virus corona. Mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer menjadi salah satu cara yang sangat dianjurkan untuk mencegah risiko terinfeksi virus Corona atau Covid1-19.

Namun, peningkatan drastis kasus di seluruh dunia membuat banyak orang semakin khawatir. Hal tersebut kemudian mendorong mereka menggunakan hand sanitizer secara berlebihan dan membuat tangan iritasi.

"Ini karena potensi gel antibakteri di pasaran. Sebagian besar gel ini mengandung setidaknya 60 persen alkohol agar efektif. Penggunaan sehari-hari ini bisa sangat merusak kulit," ujar dr. Weber, melansir Medical Daily.

Namun tak perlu khawatir, ada sejumlah tips untuk mengatasinya. Weber sendiri menyarankan untuk menggunakan hand lotion. Fungsinya untuk mengembalikan kerusakan akibat penggunaan hand sanitizer yang berlebihan.

Ilustrasi Anak Pakai Hand Sanitizer. (Shutterstock)
Ilustrasi Anak Pakai Hand Sanitizer. (Shutterstock)

"Banyak rumah sakit dan petugas kesehatan di seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat, menggunakan produk yang disebut Gloves In A Bottle sebagai bagian dari perawatan. Produk ini mempunyai formula unik yang dirancang untuk meningkatkan pertahanan alami kulit Anda dengan menciptakan perisai tidak terlihat, seperti kulit kedua," kata Dr. Weber menerangkan.

Lotion pelindung, seperti Gloves In A Bottle, mengikat ke lapisan terluar sel-sel kulit. Ini lalu akan menjadi bagian dari kulit itu sendiri.

Merek khusus ini bukan cuma membasuh lapisan kulit luar. Produk ini juga memungkinkan kulit untuk bernapas dan berkeringat secara alami saat lotion pelindung keluar secara alami. Hal ini karena lapisan terluar sel-sel kulit mengelupas atau terkelupas secara baik dalam 24 jam.

"Sangat penting bagi kita semua untuk terus mencuci tangan agar virus ini tak menyebar; namun, kita tak bisa mengekspos diri kita sendiri, dengan menghancurkan mekanisme pertahanan alami kulit kita dengan pencucian yang berlebihan. Jadi, sebagai langkah tambahan, kami sangat menyarankan untuk menambahkan pelindung krim tangan," ujar Dr. Weber. (*Bimo Aria Fundrika)

Terkait

Terkini