Rabu, 28 Oktober 2020

Tentara Rusia Bikin Kontes Kecantikan, Malah Panen Cibiran

Tentara Rusia jadi bahan cibiran karena bikin kontes kecantikan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi kontes kecantikan tentara Rusia. (Unsplash/Chris Zhang)
Ilustrasi kontes kecantikan tentara Rusia. (Unsplash/Chris Zhang)

Dewiku.com - Tentara Rusia membuat kontes kecantikan dalam rangka Hari Perempuan Internasional, belum lama ini. Sayangnya,  kontes yang diisi dengan adu bakat ini malah menuai protes karena dianggap seksis.

Melansir Daily Star, presenter cantik Anastasia Krasilnikova adalah salah satu yang paling lantang menyuarakan protesnya terhadap kegiatan tersebut.

Menurutnya, kontes kecantikan di lingkungan tentara Rusia ini adalah bentuk diskriminasi gender. Mahkota sebagai hadiah pada para pemenang juga dikritisi dan disebut tak layak.

"Bahkan wanita yang dibayar untuk membela negara kita dan secara profesional bekerja menggunakan senjata harus 'cantik' dan membuktikan kepada orang lain bahwa mereka bisa menjahit dan membuat makanan rendah karbohidrat," papar Anastasia.

Ya, dalam kontes kecantikan ini, para kontestan memang mesti menunjukkan bakatnya di berbagai bidang seperti kecantikan, kecerdasan, sifat moral dan spiritual, dan menunjukkan keahlian memasak.

Anna Khramtsova, tentara cantik Rusia pemenang kontes kecantikan. (Instagram/@khramtsovaaniya_ifbb)
Anna Khramtsova, tentara cantik Rusia. (Instagram/@khramtsovaaniya_ifbb)

"Saya merasa semuanya sangat konyol dan tidak masuk akal," lanjutnya.

Sementara itu, juru bicara dari kepolisian mengatakan kontes kecantikan itu dilakukan untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia. Dikatakan pula bahwa ini adalah bagian dari profesi.

Ia juga menambahkan, kontes kecantikan dibuat menarik untuk mengasah persaingan positif di kalangan pekerja.

Anna Khramtsova, tentara cantik Rusia pemenang kontes kecantikan. (Instagram/@khramtsovaaniya_ifbb)
Anna Khramtsova, tentara cantik Rusia. (Instagram/@khramtsovaaniya_ifbb)

"(Kontes kecantikan) dibuat untuk membuat menarik bagi peserta dalam bersaing dengan berbagai tugas kreatif lainnya," jelas si juru bicara.

Bagaimana menurutmu? Apakah kontes kecantikan di lingkungan tentara Rusia ini benar-benar seksis seperti yang dituding Anastasia? Atau malah bersifat positif seperti yang dikatakan juru bicara tersebut?

Terkait

Terkini