Selasa, 14 Juli 2020

Tak Hanya Generasi Cashless, Prediksi 5 Tren Keuangan Tahun 2020

Tahun 2019 ini sudah banyak orang yang menjadi generasi cashless.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
cloud_download Baca offline
Ilustrasi uang. (Unsplash/Bady QB)
Ilustrasi uang. (Unsplash/Bady QB)

Dewiku.com - Bicara tentang tren, tentu itu bukan cuma milik bidang kecantikan dan mode, melainkan juga seputar keuangan.

Uang menjadi salah satu hal yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan kehidupan sehari-hari. Uang bukan lagi cuma tentang pemasukan dan pengeluaran tapi juga secara luas berhubungan dengan gaya hidup.

Dilansir dari Purewow, di bawah ini ada beberapa tren keuangan yang dipredikso booming di tahun 2020. Apa saja, ya?

1. Cashless

Siapa yang sudah menjadi bagian generasi cashless di tahun 2019? Tahun ini, beberapa perusahaan besar di dunia, seperti Apple, Starbucks, hingga Sephora, melaporkan telah menerima bentuk pembayaran uang cashless dengan jumlah yang lebih besar.

Hal ini menjadi tanda bahwa di tahun 2020 bakal semakin banyak orang yang memanfaatkan uang digital. Jadi, sangat mungkin banyak orang yang mulai meninggalkan dompetnya di rumah tahun depan.

Ilustrasi kartu kredit (shutterstock)
Ilustrasi kartu kredit (shutterstock)

2. Tentang biaya kuliah

Kira-kira ada apa dengan biaya kuliah? Dikatakan oleh The New York Times, ada lima perguruan tinggi yang mencoba memangkas biaya kuliah sebanyak 16 hingga 57 persen pada tahun ajaran 2019-2020.

Hal itu menjadi topik hangat hingga saat ini, bahkan kemungkinan sampai tahun depan. Hal itu karena seperti yang kita tahu, biaya kuliah biasanya terus meningkat setiap tahun.

3. Bank menawarkan layanan kesehatan finansial

Ini merupakan langkah yang baik untuk pelayanan kepada pelanggan. Tahun depan bakal ada banyak penawaran dari bank yang berhubungan dengan kesehatan finansial.

Ilustrasi uang. (Shutterstock)
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

Mereka akan mengadakan pelatihan emosional ketika para pelanggan berusaha membeli rumah atau menabung untuk masa pensiun. Ini berguna sebagai pendekatan keuangan yang lebih sehat kepada pelanggan.

4. Meningkatnya keamanan keuangan

Tahun 2020, sepertinya juga bakal semakin banyak perusahaan fintech bekerja keras untuk melindungi data pribadi pengguna mereka. Keamanan finansial menjadi bisnis yang serius tahun depan karena akan lebih banyak transaksi online.

5. Menabung online dengan bunga lebih tinggi

Banyak penasihat keuangan melaporkan beberapa bank online baru saja menawarkan rekening tabungan dengan tingkat bunga hingga dua persen, bahkan lebih. Hal itu karena bank online tidak memiliki risiko yang dimiliki oleh bank biasa.

Terkait

Terkini