Rabu, 11 Desember 2019

Payudara Pria Ini Membesar dan Keluarkan Cairan Serupa ASI, Kok Bisa?

Seorang pria mempunyai payudara yang membesar dan mengeluarkan ASI akibat suatu penyakit.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Pria pakai topi. (Unsplash/Keagan Henman)
Pria pakai topi. (Unsplash/Keagan Henman)

Dewiku.com - Wang, seorang pria 25 tahun asal China, mempunyai tumor otak seukuran kacang polong yang membuat payudaranya tumbuh hingga seukuran B-cup, muncul laktat dari puting, berat badan naik 24 kg, serta menyebabkan disfungsi ereksi.

Karena kondisi tersebut, Wang memutuskan pergi ke Rumah Sakit Pengobatan Tradisional China Hangzhou di China Timur. Dokter pun mendiagnosis gejalanya sebagai prolaktinoma.

Kondisi ini ditandai oleh tumor jinak kelenjar pituitari di dasar otak sehingga menyebabkan produksi berlebihan hormon prolaktin yang merangsang susu. Itulah mengapa payudara Wang mengeluarkan cairan putih seperti ASI yang biasanya terjadi pada wanita.

Pada saat bersamaan, kondisi ini menyebabkan penurunan hormon testosteron pada pria.

"Saat saya periksa, payudaranya membesar dan keluar ASI meski disentuh lembut. Dia juga merasakan sakit kepala," kata dr. Jin yang menangani Wang, dikutip dari dailystar.co.uk.

Ilustrasi dada lelaki (shutterstock)
Ilustrasi dada lelaki (shutterstock)

Dokter lantas menyarankan Wang melakukan pemindaian radiologi dan ditemukan tumor di kelenjar pituitari. Tumor itu membikin tubuhnya memproduksi prolaktin.

Kondisi ini lalu menyebabkan perkembangan kelenjar susu dan serangkaian masalah, termasuk disfungsi ereksi.

Wang mengatakan pola makannya juga tak teratur karena fluktuasi nafsu makannya. Bahkan, Wang juga kehilangan dorongan untuk berolahraga sehingga berat badannya naik 25 kg dalam setahun terakhir.

Sementara itu, Wang mengaku mulai merasakan gejala tersebut sejak Juli 2019. Akhirnya, Wang harus menjalani pengobatan yang kemudian berhasil menekan dan mengurangi pertumbuhan non-kanker hingga hampir setengah dari ukuran awalnya dalam 3 bulan.

Tumor Wang yang mulanya berukuran 7 milimeter, setelah 3 bulan pengobatan, mengecil hingga 4 milimeter. Bahkan, cairan ASI yang keluar dari payudara Wang juga sudah mulai berkurang dan ia mulai punya janggut. (*Shevinna Putti Anggraeni)

Terkait

Terkini