Rabu, 11 Desember 2019

Bersihkan 5 Hal Ini setelah Berhubungan Seks, Jangan Lupakan Celana Dalam!

Ada beberapa hal yang wajib Anda bersihkan setelah melakukan hubungan seks.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi hubungan suami istri. (Pixabay/Sasin Tipchai)
Ilustrasi hubungan suami istri. (Pixabay/Sasin Tipchai)

Dewiku.com - Tubuh tentu bakal mengeluarkan keringat saat berhubungan intim. Selain itu, sering kali Anda dan pasangan juga meninggalkan "jejak" lain pada area aktivitas seksual.

Mengutip Hellosehat, pakar seks Anne Hodder menyarankan pentingnya memerhatikan kebersihan setelah melakukan hubungan intim. Kegiatan bersih-bersih ini perlu dilakukan demi meminimalkan risiko infeksi.

Nah, masih merangkum dari Hellosehat, berikut beberapa hal yang perlu dibersihkan setelah hubungan seks.

1. Organ intim

Miss V jelas perlu dibersihkan setelah berhubungan intim, cukup dengan membasuh area vulva. Rutinitas ini berfungsi mencegah infeksi bakteri ragi pada vagina dan infeksi saluran kemih.

Penis pun perlu dibersihkan secara lembut. Gunanya adalah mencegah penumpukan semen dan menghindarkannya dari risiko infeksi. 

2. Mainan seks

Sex toy atau mainan seks juga penting dijaga kebersihannya untuk menghindari risiko infeksi saat Anda menggunakannya kembali di lain kesempatan.

Menurut Hodder, sex toy perlu dibersihkan berdasarkan materialnya. Secara umum, sebenarnya telah terdapat instruksi terkait pada setiap produk.

Contohnya, produk berbahan platinum-cured silicone bisa dibersihkan dengan cara dicelupkan pada air mendidih. Sementara itu, produk yang diklaim 100% tahan air dapat dibersihkan dengan sabun antibakteri serta air hangat.

Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi cuci tangan. (Shutterstock)

3. Cuci tangan

Waktu berhubungan intim, Anda mungkin juga menyentuh organ genital pasangan. Bakteri pun bisa berkembang melalui paparan tersebut.

Jadi, segera cuci tangan untuk menghentikan persebaran infeksi. Cuci tangan Anda dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

4. Membersihkan seprai

Melansir Health via Hellosehat, Felice Gersh, seorang ahli obstetri dan ginekologi dan penulis buku PCOS SOS: A Gynecologist’s Lifeline to Naturally Restore Your Rhythms, Hormones and Happiness, mengatakan sangat mungkin untuk cairan semen dan vagina, saliva, serta keringat terpapar pada seprai. Bahkan dalam seks anal, mungkin saja seprai ternodai feses.

Bagaimanapun, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal pada seprai, apalagi karena itu bakal digunakan kembali untuk tidur.

Ada banyak bakteri yang dihasilkan saat berhubungan seks. Itulah mengapa sangat disarankan untuk segera mencuci dan mengganti seprai setelah berhubungan intim.

Ilustrasi celana dalam. (Shutterstock)
Ilustrasi celana dalam. (Shutterstock)

5. Celana dalam

Apakah Anda terbiasa langsung mengenakan kembali celana dalam yang sama usai bercinta? Sebaiknya, jangan lakukan itu lagi demi menjaga kesehatan organ intim.

Saat Anda dan pasangan hendak melakukan seks, biasanya bakal ada cairan yang keluar pada organ intim. Paparan cairan tersebut dapat membuat organ intim terasa lembap. Padahal, bakteri dan ragi sangat mungkin berkembang di tempat yang lembap.

Jadi, jangan lupa mencuci celana dalam yang sudah dikenakan. Anda juga sebaiknya pakai celana dalam lain yang kering dan bersih demi terhindar dari infeksi bakteri.

Terkait

Terkini