Rabu, 11 Desember 2019

Gaun Ikonik Ditiru, Versace Tempuh Jalur Hukum

Pantas berang, yang ditiru gaun Versace ikonik Jennifer Lopez.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
Jennifer Lopez pamer perut rata. (Instagram/@jlo)
Jennifer Lopez pamer perut rata. (Instagram/@jlo)

Dewiku.com - Ada yang masih ingat dengan gaun Versace yang dipakai Jennifer Lopez ketika menghadiri Grammy Awards tahun 2000? Gaun yang sangat ikonik itu terlanjur melekat di benak masyarakat hingga Versace ingin mengunci akses duplikasinya.

Saking banyaknya orang yang mencari informasi tentang gaun hijau tersebut, Google sampai membuat fitur pencarian Google Image di lini bisnisnya.

Versace sebagai rumah mode yang mengeluarkan desain rancangan gaun ikonik itu sampai mendaftarkan hak ciptanya agar karya mereka tidak diplagiat orang.

Sayangnya, masih ada saja oknum bandel yang mencontek rancangannya, misalnya saja Fashion Nova.

Dilansir dari Daily mail, ritel besar yang berbasis di California ini berani meniru beberapa aksen yang digadang-gadang mirip dengan gaun ikonik Versace.

Setidaknya ada lima poin yang jadi sorotan, salah satunya motif tropical yang melekat dengan citra gaun seksi itu.

Fashion Nova juga dituduh meniru warna, gaya belahan dada, belahan rok, serta bros yang menyatukan gaun.  Akibatnya, Versace menggugat Fashion Nova atas dugaan plagiat.

Jennifer Lopez. (Instagram/@jlo)
Jennifer Lopez. (Instagram/@jlo)

"Kemampuan Fashion Nova untuk menghasilkan pakaian baru begitu cepat karena keahliannya untuk meniru desain yang telah memiliki hak cipta, merek dagang dan elemen dari desainer ternama seperti Versace, lalu menjualnya seolah itu hasil karya mereka," tulis Versace dalam gugatannya.

Selain menggugat atas desain gaun ikonik yang dipakai Jennifer Lopez, Versace juga menggugat Fashion Nova atas motif klasik Versace bergaya Barocco yang mereka tiru.

Rupanya, seiring dengan gugatan ini, terungkap setidaknya delapan gugatan dari desainer lain yang merasa karyanya diplagiat oleh Fashion Nova juga.

Terkait

Terkini