Senin, 09 Desember 2019

Pemotretan Kalender 2020, Fotografer Ini Minta Petani Foto Telanjang

Mereka foto telanjang di area pertanian.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi telanjang. (Unsplash/Lucrezia Carnelos)
Ilustrasi telanjang. (Unsplash/Lucrezia Carnelos)

Dewiku.com - Menjadi model kalender bisa jadi memberikan kebanggaan tersendiri. Para petani perempuan di Inggris bahkan bersedia melakukan foto telanjang dalam sebuah pemotretan album kalender 2020.

Dilansir dari Daily Star, banyak perempuan telah dipotret dengan berpose tanpa busana di antara jerami, traktor, hingga bergaya seolah sedang memberi makan hewan.

Sang fotografer, Nicola de Pulford, sengaja melakukan perjalanan di wilayah Inggris demi menemukan tanah pertanian terbaik sebagai lokasi pemotretan.

Nicola memaparkan, pemotretan dengan konsep seperti itu pertama kali dilakukan pada 1999 lalu. Kalender pertama mereka terinspirasi bencana penyakit sapi gila yang membikin pemboikotan daging sapi Inggris di seluruh Eropa.

Pertanian di Inggris dalam keadaan yang sangat buruk pada masa itu. Nicola pun terdorong untuk mencari solusi agar para petani tidak patah semangat.

Ilustrasi pemotretan perempuan di area pertanian. (Pixabay/TheOtherKev)
Ilustrasi pemotretan perempuan di area pertanian. (Pixabay/TheOtherKev)

"Saya pikir, kalau mereka tidak menginginkan produk pertanian kami, mereka bisa memiliki anak laki-laki kami. Kalender pertama hanya (berisi foto) laki-laki," kata Nicola.

Tidak disangka, setelah itu banyak yang menghubungi Nicola untuk terlibat dalam permotretan foto kalender. Usia bukan penghalang. Bahkan, sejauh ini pernah ada 73 tahun dan wanita 63 tahun yang berpartisipasi.

"Semua model juga dibayar tapi mereka bisanya tak mengetahui hal ini ketika mendaftarkan diri," tutur Nicola.

"Semua toko yang kami suplai juga menghasilkan keuntungan dari kalender yang mereka jual dan kami cuma menyuplai outlet independen," katanya lagi.

Ilustrasi kalender (Shutterstock).
Ilustrasi kalender (Shutterstock).

Kini, dua kalender diproduksi setiap tahun, yakni dalam versi laki-laki dan perempuan. Selama 20 tahun terakhir, diperkirakan angka penjualan telah mencapai 100 ribu poundsterling atau sekitar Rp 1,8 miliar dan telah disalurkan ke berbagai badan amal.

Sementara itu, penjualan yang memuat foto telanjang petani seksi untuk album kalender 2020 bakal disalurkan kepada yayasan Chernobyl Children’s Lifeline. Tujuannya, membantu mereka yang masih mengalami penderitaan akibat bencana nuklir Chernobyl.

Kalender dijual seharga 7,99 poundsterling atau sekitar Rp145 ribu. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui thefarmerscalendar.co.uk.

Terkait

Terkini