Senin, 21 Oktober 2019

Kerja Kantoran Rawan Memicu Kenaikan Berat Badan, Lakukan 5 Tips Berikut

Tips sederhana guna mencegah kenaikan berat badan di kantor.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Suka makanan manis. (Unsplash/Court Prather)
Suka makanan manis. (Unsplash/Court Prather)

Dewiku.com - Mengapa pekerja kantoran perlu mewaspadai kenaikan berat badan? Tanda disadari, beberapa kebiasaan seperti mengemil, jarang bergerak, hingga stres karena tekanan kerja, membikin Anda sulit menjaga berat badan ideal walaupun sudah berusaha menjalani gaya hidup sehat di rumah.

Namun, ada beberapa cara sederhana yang dapat diterapkan untuk mencegah kenaikan berat badan di kantor. Melansir Hellosehat, berikut uraiannya.

1. Bawa bekal

Membawa bekal akan membantu Anda memantau asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Biar lebih optimal, jangan cuma bawa bekal makan siang. Siapkan juga camilan sehat untuk mengganjal perut di waktu tertentu, misalnya pukul 10 pagi setelah sarapan atau saat sore hari.

2. Siapkan camilan sehat

Beberapa kantor menyediakan camilan gratis untuk karyawannya. Meskipun lezat, camilan tersebut biasanya tinggi gula dan lemak jenuh sehingga pada dasarnya tidak menyehatkan. Mereka cuma memberi kalori ekstra tapi tidak padat nutrisi.

Kacang almond. (shutterstock)
Kacang almond. (shutterstock)

Nah, lebih baik Anda bawa camilan sehat sendiri. Mengacu pada American Heart Association, pilihan camilan yang disarankan di antaranya:

3. Jangan makan siang sambil bekerja

Kebiasaan multitasking ternyata juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan di kantor. Jadi ketika waktunya makan siang, fokuslah pada makanan Anda. Jangan sambil elakukan kegiatan lain seperti bekerja di depan komputer atau mengecek ponsel.

Jika konsentrasi terpecah, otak tak bisa fokus terhadap apa yang Anda makan. Akibatnya, Anda cepat merasa lapar setelah makan siang. Akhirnya, jadi lebih sering makan camilan pada jam-jam tertentu setelah makan siang.

Ilustrasi mengonsumsi makanan manis, camilan, cookies. (Shutterstock)
Ilustrasi mengonsumsi makanan manis saat stres. (Shutterstock)

4. Tidak melampiaskan stres dengan makan

Beban pekerjaan termasuk sumber utama stres. Tidak bisa dipungkiri, banyak pekerja kantoran yang melampiaskan stresnya dengan makan sambil bekerja. Mungkin Anda merasa lebih baik tapi inilah yang membuat berat badan naik di kantor.

Cobalah lakukan kegiatan lain untuk meredakan stres, contohnya berlatih teknik pernapasan, berjalan kaki, atau mengobrol sejenak.

5. Tetap aktif bergerak

Bekerja seharian semestinya bukan penghalang aktif bergerak. Anda tetap dapat melakukan gerakan-gerakan sederhana pada waktu tertentu, misalnya saat berangkat ke kantor, jam istirahat, atau setiap beberapa jam sekali di tengah waktu bekerja.

Contohnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk berjalan kaki atau bersepeda ke kantor bila memungkinkan. Bisa juga dengan membiasakan berdiri dan berjalan setiap kali mengangkat telepon.

Terkait

Terkini