Selasa, 15 Oktober 2019

Tak Memberi Solusi, Hindari Konsumsi 3 Hal Ini ketika Stres

Bukannya meredakan, konsumsi hal ini malah bikin kamu semakin stres.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
Ilustrasi makan malam. (Unsplash/Kelsey Chance)
Ilustrasi makan malam. (Unsplash/Kelsey Chance)

Dewiku.com - Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Hal tersebut ditimbulkan karena banyak faktor, termasuk kesibukan dan padatnya rutinitas.

Rasanya sulit untuk berpikir jernih karena otak terasa sangat sesak akan berbagai hal yang terlalu rumit menjadi satu.

Jika hal ini terjadi, pasti kamu akan mencari pelampiasan untuk mencoba meredakan rasa stres tersebut. Salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan atau minuman.

Namun, jika tidak ingin stres makin parah, kita perlu hati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ada bahan makanan dan minuman tertentu yang lebih baik dihindari saat sedang stres.

Dilansir dari Everyday Health, berikut ini ada beberapa hal yang harus dihindari saat sedang stres. Apa saja, ya?

Ilustrasi kopi luwak. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi kopi luwak. (Sumber: Shutterstock)

1. Kafein

Minuman seperti kopi dan teh dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi mental bila dikonsumsi dalam kadar yang sedikit. Tapi bila dikonsumsi secara berlebihan, efeknya bisa cukup negatif, seperti menyebabkan perasaan cemas dan malah makin stres.

Molly Kellogg, LCSW, CEDRD, seorang ahli psikoterapi dan ahli gizi di Philadelphia mengungkapkan konsumsi kafein berlebihan bisa memperburuk kondisi stres seseorang.

2. Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali tak disarankan, baik ketika sedang stres maupun sedang tidak stres. Hanya saja kita sering mendengar anggapan bahwa stres bisa diatasi dengan minum minuman beralkohol untuk menenangkan saraf.

Ilustrasi sampanye [shutterstock]
Ilustrasi sampanye [shutterstock]

Namun yang sebenarnya terjadi adalah minum minuman beralkohol cuma akan menyulitkan kita meredakan stres dalam jangka waktu lama, bahkan membuat kita makin depresi.

Belum lagi dengan pengaruh konsumsi alkohol yang bisa menyebabkan sejumlah gangguan penyakit kronis. Jangan sampai kita malah mengorbankan kesehatan kita karena kurang berhati-hati dalam memilih apa yang kita minum atau makan saat sedang stres, ya.

Ilustrasi kue. (Unsplash/DilyaraGarifulina)
Ilustrasi kue. (Unsplash/DilyaraGarifulina)

3. Gula rafinasi

Gula rafinasi yang banyak dijumpai dalam kue kering, keik, dan permen juga bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat dan menurun dengan cepat.

Ketika sedang stres, hindari konsumsi makanan yang mengandung gula rafinasi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada bulan Juli 2017 di Scientific Reports menemukan bahwa meningkatnya konsumsi gula rafinasi justru akan menambah risiko depresi.

Terkait

Terkini