Selasa, 15 Oktober 2019

Bikin Lebih Tenang, 5 Tips Detoks Pikiran untuk Redakan Stres

Hal ini akan membuat pikiran kembali jernih dan hati menjadi lebih tenang.

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
Ilustrasi Teman. (Unsplash)
Ilustrasi Teman. (Unsplash)

Dewiku.com - Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Hal tersebut ditimbulkan karena banyak faktor, contohnya kesibukan dan padatnya rutinitas.

Rasanya sulit untuk berpikir jernih karena otak kita terasa sangat sesak akan berbagai hal yang terlalu rumit menjadi satu. Jika hal ini terjadi, maka perlu untuk melakukan detoks pikiran.

Ternyata tak hanya tubuh saja yang perlu detoks untuk mengeluarkan racun-racun yang ada. Pikiran juga butuh detoks supaya stres bisa reda.

Dilansir dari laman Mind Body Green, di bawah ini ada beberapa tips detoks pikiran untuk redakan stres. Penasaran apa saja?

1. Ambil jeda

Mengambil jeda dan berusaha melemaskan otot-otot tubuh dapat menjadi langkah pertama untuk detoks pikiran. Bisa dimulai dengan duduk di kursi nyaman dengan meletakkan kedua telapak tangan di paha.

Ilustrasi Stres Gara-Gara Media Sosial. (Shutterstock)
Ilustrasi Stres. (Shutterstock)

Kemudian tutup mata, lalu bernapas perlahan. Nikmati setiap helaan napas dan biarkan tubuh menikmati sesuai dengan helaan napas kita.

2. Menerima semua perasaan negatif yang datang

Bagian dari respons otak alami manusia adalah merasa cemas dan stres. Ini adalah cara adaptif otak untuk memberi tahu kita bahwa ada sesuatu yang harus kita perhatikan.

Ketika kita mulai bisa menerima perasaan negatif yang ada, kita secara tidak langsung menciptakan lebih banyak ruang dalam diri kita.

Kemudian, kita dituntut "berteman" dengan diri kita sendiri. Hal ini akan membuat kita merasa lebih stabil dan tenang. Karena terkadang terlalu keras pada diri sendiri hanya akan makin melukai diri.

Bikin Lebih Tenang, 5 Tips Detoks Pikiran untuk Redakan Stres - 2
Ilustrasi teman. (Shutterstock)

3. Menciptakan hubungan emosi yang nyata

Jika ada seseorang yang sangat kamu percaya dan bisa menyediakan waktunya untuk mendengar semua keluh kesahmu, cobalah untuk curhat dan utarakan perasaanmu.

Dari sini akan terbentuk ikatan atau hubungan emosi yang nyata. Dari situ kemudian kita akan terbantu untuk menstabilkan emosi dan perasaan kita.

4. Bersihkan lingkungan di sekitar

Membersihkan pikiran tak melulu soal perkara batin. Kita bisa membersihkan pikiran dengan membersihkan lingkungan di sekitar kita.

Ilustrasi bekerja.(Unsplash/Icon8 Team)
Ilustrasi bekerja.(Unsplash/Icon8 Team)

Misalnya, sesederhana kita membersihkan meja kerja atau merapikan kamar tidur. Perubahan yang bisa tampak secara kasat mata di sekitar kita akan memberi kenyamanan tersendiri pada diri kita saat melihatnya.

5. Gerakkan tubuh

Tubuh kita bisa merasakan langsung tekanan dan kesulitan emosi yang sedang kita rasakan. Apa yang kita lakukan terhadap tubuh kita bisa memberi pengaruh langsung pada pikiran kita.

Setidaknya dari gerakan yang kita lakukan pada tubuh, kita mendapat akses untuk menstabilkan pikiran dengan lebih mudah. Seperti melakukan peregangan otot sebelum rapat, maka tubuh kita akan terasa lebih jernih dan rileks.

Terkait

Terkini