Selasa, 15 Oktober 2019

Agar Tidak Sakit Punggung, Simak Tips Aman Mengatur Beban Bawaan Tas

Anda boleh pakai tas ransel maupun selempang tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi tas. (Unsplash/Tamara Bellis)
Ilustrasi tas. (Unsplash/Tamara Bellis)

Dewiku.com - Seiring kesibukan dan kebutuhan penggunanya, Anda barangkali kerap membutuhkan tas yang bisa memuat berbagai benda sekaligus saat bepergian. Nah, bisa dibilang, tas ransel memang lebih baik dibanding tas selempang karena memberi beban seimbang pada otot.

Sakit punggung akibat penggunaan memang tak bisa sepenuhnya dihindari. Namun, Anda bisa mengurangi risikonya dengan memakai ransel sebagai pengganti tas bahu dan selempang. 

Meski begitu, Anda juga mesti memerhatikan beban yang dibawa. Banyaknya barang yang Anda masukkan otomatis membuat tas semakin berat. Tanpa disadari, itu tentu bakal kian membebani bahu dan punggung.

Nah, entah Anda ingin menggunakan tas punggung atau selempang, ada beberapa sejumlah strategi untuk meringankan beban bawaan tas di punggung dan bahu.

Mengutip Hellosehat, berikut beberapa di antaranya.

Ilustrasi menggunakan tas ransel. (Unsplash/Tamara Bellis)
Ilustrasi menggunakan tas ransel. (Unsplash/Tamara Bellis)

1. Pilih ukuran tas yang kecil

Semakin besar tas yang dipakai, semakin besar pula kecenderungan Anda untuk memasukkan barang yang sebenarnya tak terlalu penting. Akibatnya, tas menjadi lebih berat. 

2. Perhatikan lebar tali

Anda sebaiknya mencari tas dengan tali yang tebal dan lebar. Pasalnya, tali tas yang kecil bakal membuat otot bahu sakit. 

3. Sesuai kebutuhan

Anda juga perlu mengelompokkan tas berdasarkan kebutuhannya. Misalnya, tas selempang untuk pergi bekerja dan latihan di gym pun mesti dibedakan karena isi beratnya yang tentu tak sama.

Ilustrasi tas. (Unsplash/Tamara Bellis)
Ilustrasi tas. (Unsplash/Tamara Bellis)

4. Cara simpel menjaga postur tubuh

Selalu gunakan kedua tali ransel atau berganti sisi bahu saat menggunakan tas selempang untuk menjaga postur tubuh Anda. 

Pada dasarnya, kunci utama dalam memilih tas ransel dan selempang adalah mengetahui barang apa saja yang harus dibawa. Kalau hanya membawa sedikit barang dan tidak terlalu berat, Anda bisa memilih tas selempang atau bahu. Namun saat diharuskan untuk membawa laptop atau buku yang berat, sebaiknya Anda pilih tas ransel.

Terkait

Terkini