Selasa, 15 Oktober 2019

Menjaga Kesehatan Punggung, Mending Pakai Tas Ransel atau Selempang?

Baik tas ransel maupun selempang, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi menggunakan tas ransel. (Unsplash/Tamara Bellis)
Ilustrasi menggunakan tas ransel. (Unsplash/Tamara Bellis)

Dewiku.com - Seiring kesibukan dan kebutuhan penggunanya, Anda mungkin juga sering kali membutuhkan tas yang mampu memuat beberapa benda sekaligus saat bepergian. Nah, jenis yang paling populer karena bisa diisi banyak barang adalah tas ransel dan selempang.

Namun, banyaknya barang yang Anda masukkan otomatis membuat tas semakin berat. Tanpa disadari, itu juga menjadi lebih membebani bahu dan punggung.

Lalu, mana yang lebih baik untuk kesehatan? Tas ransel atau tas selempang? Mengutip Hellosehat, berikut penjelasannya.

Tas Ransel

Pada dasarnya, ransel atau tas punggung punya banyak bagian yang membuat isi tas menjadi lebih teratur. Seperti yang dilansir dari Teens Health, ransel adalah pilihan yang baik jika Anda membawa banyak barang dibandingkan tas selempang atau tas bahu.

Ilustrasi tas ransel. (Shutterstock)
Ilustrasi tas ransel. (Shutterstock)

Penggunaan ransel akan membuat beban yang dibawa memiliki porsi seimbang pada otot terkuat manusia, yakni otot punggung dan perut.

Sebuah penelitian di tahun 2015 menyatakan tas ransel lebih baik karena bisa mengurangi gejala nyeri punggung belakang ketimbang jenis tas lain pada perempuan remaja.

Kendati beban otot seimbang, barang bawaan yang terlalu berat tetap saja akan membebani punggung sehingga tas bisa menarik tubuh Anda ke belakang. Anda kemudian biasanya akan memajukan tubuh pada bagian panggul dan lengkung tulang belakang. Akibatnya, postur tulang belakang jadi terganggu.

Tas Selempang

Soal pilihan tas, sebenarnya cukup disesuaikan dengan kebutuhan. Jika membawa barang yang tak begitu banyak dan ingin terlihat lebih modis, tas bahu atau tas selempang adalah jawabannya.

Tas Louis Vuitton (Shutterstock)
Tas selempang Louis Vuitton (Shutterstock)

Saat lelah menyampirkannya di salah satu bahu saja, Anda dapat memegangnya dengan tangan dan memindahkan beban tersebut.

Walau demikian, membawa tas selempang dengan beban yang sangat berat dapat memengaruhi gaya berjalan.

Saat berjalan, lengan dan kaki Adan akan berayun dan membutuhkan keseimbangan yang baik. Namun jika beban dalam tas selempang terlalu membebani salah satu bahu atau salah satu sisi tubuh, hal ini dapat mengganggu keseimbangan dan membuat Anda berisiko menderita sakit punggung.

Terkait

Terkini