Sabtu, 21 September 2019

Manfaat Tanaman Adas bagi Wanita Menopause, Bisa Tingkatkan Gairah Seks

Jadi, apa saja manfaat adas bagi wanita menopause?

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi hubungan suami istri. (Pixabay/Sasin Tipchai)
Ilustrasi hubungan suami istri. (Pixabay/Sasin Tipchai)

Dewiku.com - Adas atau adas pedas merupakan tanaman rempah asli kawasan Mediterania yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa makanan. Namun, katanya rempah-rempah satu ini juga mampu meningkatkan gairah seks wanita menopause. Benarkah begitu?

Melansir Hellosehat, sebuah penelitian di Iran tahun 2018 lalu melaporkan adas (Foeniculum vulgare) dapat membantu meringankan gejala-gejala menopause tanpa efek samping. 

Penelitian itu menguji 90 wanita Iran berusia 45-60 tahun dan mengalami menopause lebih cepat dari wanita Amerika. Wanita Iran umumnya menopause di usia 48 tahusn, sedangkan rata-rata wanita di Amerika baru mengalaminya di usia ke-51.

Setengah dari jumlah partisipan diberikan kapsul suplemen berisi 100 mg ekstrak adas untuk diminum dua kali sehari selama delapan minggu, sedangkan sisanya diberikan kapsul plasebo atau obat kosong.

Hasilnya paska dua pekan berhenti minum kapsul atau pada pekan ke-10 setelah studi dimulai, wanita yang minum suplemen adas merasakan efek gejala menopause yang lebih ringan dari sebelumnya. Intensitas gejala yang dirasakan pun lebih ringan ketimbang mereka yang diberikan pil kosong.

Tanaman adas memiliki manfaat untuk wanita menopause. (Shutterstock)
Tanaman adas memiliki manfaat untuk wanita menopause. (Shutterstock)

Penelitian yang sama juga menemukan suplemen adas secara efektif meringankan gejala menopause berupa masalah vagina kering dan gatal yang bisa membuat hubungan intim terasa sakit dan menurunkan gairah seks. 

Tim peneliti meminta 60 wanita menopause mengoleskan 5 gram krim yang mengandung ekstrak adas selama delepan minggu setiap malam. Mereka lalu kembali dibandingkan dengan kelompok wanita yang cuma diberikan krim plasebo.

Hasilnya, mereka yang menggunakan krim adas mengalami peningkatan fungsi seksual secara cukup dramatis. Perbedaan paling utama terletak pada vagina mereka yang tidak lagi terlihat dan terasa kering.

Ilustrasi hubungan seksual (Shutterstock).
Ilustrasi hubungan seksual (Shutterstock).

Ternyata adas bekerja memengaruhi hormon estrogenik dalam tubuh. Peningkatan hormon estrogen selama menopause bisa membantu meningkatkan produksi cairan alami vagina.

Walau begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat jangka panjang dan efek samping adas bagi wanita menopause. 

Terkait

Terkini