Selasa, 28 Januari 2020

Hanya untuk Eksis di Instagram, Wanita Ini Rela Utang Demi Liburan Mewah

Sudah bersusah payah utang, tapi kisah liburannya berakhir tak bahagia.

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Disneyland. (Pixabay/BBarth)
Ilustrasi Disneyland. (Pixabay/BBarth)

Dewiku.com - Zaman sekarang media sosial membuat orang ketergantungan, salah satunya adalah Instagram. Tak hanya ketergantungan, tanpa kita sadari Instagram membuat kita menjadi orang yang konsumtif.

Jika kamu rasakan, platform media sosial tersebut membuat kita lebih sering membeli baju, kosmetik, atau mendorong untuk pergi liburan.

Liburan memang salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun jangan sampai liburan menjadi malapetaka karena ulah kamu sendiri ya, seperti salah satu wanita yang berasal dari Australia ini.

Dilansir dari laman Page Six, wanita tersebut bernama Fiona Melbul. Ia berniat untuk pamer liburan mewah, tapi sayangnya ia harus rela ngutang ratusan juta untuk memenuhi keinginannya itu.

Liburan ke Disneyland memang menjadi salah satu destinasi impian. Tak heran jika banyak orang rela menghabiskan banyak uang untuk ke sana.

Wanita Ini Rela Ngutang Ratusan Juta untuk Liburan. (Instagram/@infleurmagazine)
Wanita Ini Rela Ngutang Ratusan Juta untuk Liburan. (Instagram/@infleurmagazine)

Fiona Melbul pun mengaku menghabiskan hingga 20 ribu dolar atau setara dengan Rp 284 jutaan selama perjalanan yang sayangnya didapatkan dari berutang.

Hal yang membuat itu semakin menyedihkan adalah Fiona melakukannya demi pamer kepada teman-teman. "Kamu mengambil 10, 20 gambar untuk mendapatkan satu yang sempurna, unggah ke media sosial, lalu kamu menunggu temanmu untuk melihatnya," ungkap Fiona.

"Lalu kamu mendapat komentar dari mereka yang iri. Itu membuatku merasa puas aku bisa melakukannya," lanjutnya.

Hal ini pun diawali dari ketakutan Fiona akan FOMO (Fear of Missing Out) ketika saudaranya mengatakan akan pergi ke Disneyland Amerika Serikat.

Hanya untuk Eksis di Instagram, Wanita Ini Rela Utang Demi Liburan Mewah - 2
Ilustrasi liburan. (Pixabay)

Wanita yang tinggal di Australia itu pun langsung ingin ikut meski ia sebenarnya tak punya cukup uang untuk pergi dalam perjalanan liburan selama enam minggu tersebut.

"Saudara laki-lakiku mengatakan dia akan pergi ke Disneyland dan aku mengatakan 'kamu tidak pergi tanpaku', lalu aku meminjam uang. Aku pikir perjalanan itu menghabiskan 8 ribu dolar (Rp 113 jutaan) dan itu semua adalah kredit," katanya.

Seperti tujuan awalnya, Fiona pun berusaha untuk mengambil foto yang bagus untuk dipamerkan dan membuat teman-temannya iri. Oleh sebab itu, ia tak ragu-ragu untuk mengeluarkan banyak uang.

Disneyland California. (Pixabay/Janeb13)
Disneyland California. (Pixabay/Janeb13)

Fiona mengaku bahwa salah satu foto di Disneyland menghabiskan total biaya 10 ribu dolar atau sama dengan Rp 142 jutaan. Sayangnya, setelah diunggah foto itu hanya disukai 18 kali dan menerima tiga komentar.

Berutang ratusan juta, Fiona pun dikatakan harus kembali untuk tinggal di rumah orang tuanya hingga keadaan finansial mereka membaik. Pesan untuk kita semua, jangan sampai memaksakan diri jika merasa belum mampu, seperti Fiona ini.

Terkait

Terkini