Kamis, 24 September 2020

Minta Maaf Dinilai Tak Cukup, Ini Aksi Warganet Arab Boikot Bella Hadid

Aksi tersebut adalah buntut dari permasalahan rasis yang menimpa Bella Hadid.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
cloud_download Baca offline
Bella Hadid. (Instagram/@bellahadid)
Bella Hadid. (Instagram/@bellahadid)

Dewiku.com - Beberapa waktu lalu, viral di Twitter dan Instagram tentang kasus foto Bella Hadid pamer sepatu via Insta Story yang dituding menghina Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Ternyata, kontroversi itu belum selesai dan masih berlanjut.

Dilansir dari The National, sejumlah mall di Dubai mulai menurunkan foto-foto Bella Hadid dari beberapa tenan retail. Hal tersebut dilakukan sebagai aksi kekecewaan dan melindungi harga diri sebagai bangsa Arab.

"Kami memegang nilai-nilai dari perserikatan kami dan Arab Saudi dengan penghormatan dan penghargaan tertinggi. Kami telah membicarakan masalah ini ke para retailer agar mereka mengambil langkah yang benar," ujar seorang juru bicara The Dubai Mall.

"Insiden yang belum lama ini terjadi terkait model salah satu brand di Mall of the Emirates tidak ada hubungannya dengan mall ini, dan tidak mencerminkan nilai-nilai kami," demikian pernyataan dari pihak Mall of the Emirates.

Tak hanya pihak mall di Arab saja yang melakukan aksi atas kekecewaan mereka. Salah satu cara warganet Arab untuk boikot Bella Hadid karena kasus tersebut adalah aksi membuang produk-produk kecantikan dari brand Dior.

Bella Hadid. (Instagram/@bellahadid)
Bella Hadid. (Instagram/@bellahadid)

Warganet melampiaskan kekesalan mereka di Twitter dengan mengunggah video dan foto yang memperlihatkan mereka membuang produk kecantikan, mulai dari parfum hingga produk perawatan wajah.

Produk kecantikan dari Dior Beauty itu tidak murah. Produk tersebut dibanderol dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, sepertinya warganet seolah tak peduli dengan masalah harga lagi.

Belum lama ini, Bella Hadid sempat menjadi perbincangan hangat karena menjadi kontroversi setelah ia mengunggah sebuah foto melalui Insta Story. Foto tersebut memperlihatkan Bella Hadid yang sedang pamer kaki di bandara.

Sekilas memang tidak ada yang aneh dengan foto tersebut. Namun jika diperhartikan dengan lebih jeli lagi, latar belakang foto itu adalah pesawat-pesawat berbendera Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Bella Hadid. (Instagram/@bellahadid)
Bella Hadid. (Instagram/@bellahadid)

Tak diam begitu saja, Bella Hadid langsung meminta maaf kepada publik, khususnya masyarakat Arab. Dia pun mengaku tidak pernah bermaksud menghina negara manapun.

Adik Gigi Hadid itu juga memastikan unggahannya tidak terkait sama sekali dengan politik. "Aku ingin mengirim permintaan maaf untuk orang-orang yang pernah berpikir aku menyalahkan mereka, terutama Arab Saudi dan UEA. Ini tidak pernah terjadi dan aku harap kalian dapat mengerti kesalahpahaman ini," tulis Bella Hadid.

Sayangnya walau sudah meminta maaf, sepertinya kemarahan warganet dan masyarakat Arab tidak bisa hilang begitu saja. Saat masalah tersebut mencuat di media sosial, tagar #BellaHadidIsRacist sempat menjadi trending di Twitter.

Terkait

Terkini