Selasa, 07 Juli 2020

Tidak Pantang Menyerah, Nenek 80 Tahun Ini Meraih Gelar Sarjana

Usia senja juga bisa jadi sarjana.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Yasuko Fujii. (YouTube/CBS 8 San Diego)
Yasuko Fujii. (YouTube/CBS 8 San Diego)

Dewiku.com - Setelah sekian lama bekerja keras dan membulatkan tekad, seorang nenek berusia 80 tahun akhirnya meraih gelar sarjana di bidang ilmu sosial pada Jumat (17/05/2019) pekan lalu.

Melansir dari CBS 8, Yasuko Fujii, seorang imigran Jepang yang datang ke Amerika Serikat pada pertengahan 1960-an, menunggu hampir 60 tahun untuk memeroleh gelar sarjana di Universitas Negeri San Diego.

Yasuko mesti menunda pendidikannya untuk mengurus keluarganya. Nenek satu ini mulai bersekolah lagi di Mesa College setelah suaminya meninggal. Butuh 10 tahun baginya untuk menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.

Jalan menuju gelar sarjana bukanlah perjalanan yang mulus bagi Yasuko. Dia menghadapi beberapa kendala, terutama saat sudah menyangkut teknologi modern. Untungnya sang cucu bersedia membantunya mengatasi masalah ini.

"Dia sangat membantu dan pintar," kata Yasuko. "Siapa pun bisa melakukannya. Kalau saya dari negara asing, penduduk asli bisa melakukannya. Tidak ada kata terlambat," katanya pada wartawan.

Yasuko Fujii. (YouTube/CBS 8 San Diego)
Yasuko Fujii. (YouTube/CBS 8 San Diego)

Yuki Zeigler, putri Fuji, bercerita bagaimana ibunya bertekad untuk menyelesaikan pendidikannya. "Dia akan bangun jam dua pagi. Dia akan mulai belajar dan dia keluar pukul tujuh pagi. Dia sungguh merupakan inspirasi bagi semua orang. Jika ada yang mau melakukannya, itu pasti dia," kata Yuki.

Ilustrasi wisuda. (Unsplash/MD Duran)
Ilustrasi wisuda. (Unsplash/MD Duran)

Yasuko yang merupakan lulusan tertua di acara wisuda itu pun menyatakan rencananya untuk membuka bisnis. "Apapun yang Anda pikirkan, Anda bisa capai," ujar Yasuko.

Terkait

Terkini