Selasa, 26 Januari 2021

Ramai Tagar JusticeForAudrey, Psikolog: Korban Jelas Trauma Berat

Tagar JusticeForAudrey masih jadi trending topik di Twitter.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Luiz Galves)
Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Luiz Galves)

Dewiku.com - Kasus pengeroyokan siswa SMP di Pontianak, Kalimantan Barat, oleh 12 siswa SMA saat ini masih menyedot perhatian publik. Korban yang masih berusia 14 tahun dianiaya hingga mengalami luka fisik dan psikologis yang serius. Tagar JusticeForAudrey pun masih menjadi trending topik hingga Rabu (10/4/2019) pagi.

Dilansir dari Suara.com, peristiwa tersebut terjadi terjadi pada 29 Maret 2019 lalu. Dugaan latarbelakangnya adalah masalah asmara antara salah satu pelaku berinisial DA yang ternyata juga kekasih mantan kakak korban.

Korban dikeroyok dan mendapatkan banyak perlakuan tidak manusiawi, bahkan hingga mengalami pembengkakan para di alat vitalnya.

Clinical Forensic Psychologist, Kasandra Putranto mengatakan, kasus pengeroyokan seperti itu tentu menimbulkan trauma jangka panjang bagi korban, terlebih karena melibatkan banyak orang. 

Kasandra juga menekankan pentingnya pendampingan untuk korban. Namun, harus ada asesmen terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi korban lebih mendalam.

Ilustrasi kekerasan dalam rumah tangga. (Pixabay)
Ilustrasi kekerasan. (Pixabay)

Soal pelaku yang juga sempat melakukan snapgram saat berada di kantor polisi, Kasandra menilai bisa jadi mereka tidak merasa bersalah atas tindakan yang telah dilakukan. ''Tapi harus ada pemeriksaan,'' ungkapnya, seperti dikutip dari HiMedik.com.

Sementara itu, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti menyatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pontianak untuk pemenuhan hak rehabilitasi kesehatan korban, termasuk pengawasan terhadap rumah sakit yang merawat korban.

Layanan psikologis pun akan diberikan tidak hanya kepada kepada korban, melainkan juga para pelaku.

Dukungan Hotman Paris Hutapea terhadap korban dugaan kasus pengeroyokan di Pontianak. (Instagram/@hotmanparisofficial)
Dukungan Hotman Paris Hutapea terhadap korban dugaan kasus pengeroyokan di Pontianak. (Instagram/@hotmanparisofficial)

Di sisi lain, dukungan terhadap korban terus mengalir seiring dengan viralnya tagar JusticeForAudrey. Bahkan, pengacara ternama Hotman Paris Hutapea menyatakan siap membantu korban kasus pengeroyokan tersebut.

''Minta nomor handphone keluarga korban. Ayo kita berjuang agar pelaku diadili,'' ungkap Hotman Paris Hutapea melalui unggahan di Instagram pribadinya, Selasa (9/4/2019) malam.

Terkait

Terkini