Selasa, 10 Desember 2019

Jangan Disepelekan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Rasa Nyeri Saat Haid

Bisa jadi itu awal mula sebuah penyakit serius.

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
Ilustrasi nyeri haid. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi nyeri haid. (Unsplash/Rawpixel)

Dewiku.com - Menjadi kodrat seorang wanita mengalami masa menstruasi atau haid setiap bulannya. Rasa nyeri haid memang tak bisa dihindari. Namun, hal tersebut jangan disepelekan, ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab rasakan nyeri haid luar biasa.

Memang rasa nyeri sebelum dan pada masa menstruasi merupakan hal umum yang dialami oleh para perempuan. Rasa sakit ini biasanya tidak hanya dialani di bagian perut saja.

Namun, juga dirasakan pada bagian lain seperti punggung, payudara, pinggang, dan juga pinggul. Tak jarang rasa sakit tersebut juga disertai oleh rasa pusing, mual, hingga sakit di seluruh badan.

Nah, jika kamu merasa rasa nyeri haid bisa berdampak sakit yang luar biasa di tubuh, kamu harus waspada. Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab rasa nyeri haid luar biasa. Apa saja ya kira-kira?

1. Endometriosis

Endometriosis merupakan penyakit di mana sel-sel dari lapisan rahim tumbuh di bagian tubuh yang lain, seperti misalnya pada ovarium. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit pada perut bagian bawah.

2. Penyakit radang panggul

Sakit karena luka bekas operasi caesar. (Unsplash/Mayron Oliveira)
Ilustrasi nyeri haid. (Unsplash/Mayron Oliveira)

Rasa nyeri haid luar biasa yang kamu rasakan mungkin disebabkan oleh peradangan pada panggul. Hal tersebut biasanya terjadi karena adanya infeksi pada organ reproduksi yang biasanya disebabkan oleh penyakit menular seksual.

3. Fibroid rahim

Jika kamu merasakan nyeri haid luar biasa dan menganggap hal itu tidak wajar, segera cari tahu ya. Pasalnya bisa saja rasa sakit itu terjadi karena fibroid rahim.

Fibroid rahim adalah tumor non-kanker yang dapat memberi tekanan pada rahim sehingga menyebabkan rasa nyeri yang tidak normal saat haid.

4. Penyempitan leher rahim

Ilustrasi wanita sedang sedih. (Unsplash/Yuris)
Ilustrasi wanita sedang sakit. (Unsplash/Yuris)

Hal ini terjadi karena leher rahim yang sangat kecil sehingga aliran menstruasi jadi lambat dan kurang lancar. Jika dibiarkan saja akan membuat kondisi semakin parah. Hal tersebut bisa menyebabkan endometriosis terjadi.

5. Pemasangan alat KB IUD (intrauterine device)

Salah satu hal yang bisa jadi penyebab nyeri haid luar biasa adalah pemasangan alat KB IUD. Alat KB ini dipasang pada rahim guna mencegah proses pembuahan sel telur oleh sperma juga bisa jadi salah satu penyebab mengapa haid terasa sakit.

Jika kamu mengalami rasa nyeri haid luar biasa dalam jangka waktu yang lama, segera periksakan ke dokter. Supaya kamu mendapatkan penanganan yang tepat.

Terkait

Terkini