Sabtu, 30 Mei 2020

Aktris China Ini Dilarang Terbang Gara-gara Mantan Pacar, Ada Apa?

Sampai sekarang belum diketahui apakah dia berhasil terbang ke luar negeri atau tidak.

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
cloud_download Baca offline
Ilustrasi bandara. (Unsplash/Bna Ignacio)
Ilustrasi bandara. (Unsplash/Bna Ignacio)

Dewiku.com - Seorang aktris China populer adalah Michelle Ye Xuan. Ia diberitakan dilarang terbang keluar negeri karena masalah dengan mantan pacar.

Dilansir dari laman Daily Mail, usut punya usut masalah tersebut berhubungan dengan sistem kredit sosial yang diterapkan di China. Nah, alasan Michelle dilarang terbang karena bermasalah dengan kredit sosial yang berhubungan dengan mantan pacarnya.

Diketahui bahwa China memang akan menggencarkan sistem kredit sosial yang dibuat pada tahun 2014. Meski dikabarkan baru diberilakukan tahun depan, sistem tersebut sepertinya sudah mulai dilakukan.

Dengan sistem tersebut, perilaku finansial, kriminal, pajak, online, hingga riwayat pekerjaan warga China dan perusahaan di China akan tercatat oleh pemerintah.

Ilustrasi bandara. (Unsplash/Ashim D Silva)
Ilustrasi bandara. (Unsplash/Ashim D Silva)

 

Apesnya, skor sistem kredit sosial milik Michelle Ye Xuan tergolong rendah yang menyebabkan dirinya dilarang ke luar negeri.

Michelle pun baru mengetahui hal tersebut ketika ia akan naik pesawat dari Neijing pada bulan lalu.

Usut punya usut, wanita yang pernah memenangkan Miss Chinese Internasional di usia 19 tahun itu gagal dalam memenuhi tuntutan dari pengadilan setelah terbukti bersalah mencemarkan nama mantan dari mantan pacarnya.

Tahun lalu, Michelle dituduh menggunakan media sosial untuk menyerang mantan dari pria yang dulu pernah menjadi kekasihnya.

Wanita 39 tahun tersebut dituntut karena menyebarkan rumor di situs media sosial China, Weibo.

Ilustrasi paspor. (Unsplash/Marc Oliver)
Ilustrasi paspor. (Unsplash/Marc Oliver)

 

Michelle pun diminta untuk menghapus postingan-postingan yang berhubungan dengan tuntutan tersebut. Ia pun harus membayar denda dan minta maaf kepada korban.

Namun, Michelle tidak melakukan hal-hal yang dituntutkan dan menghindar ketika pengadilan menghubunginya.

Maka dari itu, saat mau pergi ke luar negeri, ia pun diberhentikan. Setelah ditangkap pihak berwajib, kemudian ia bertemu dengan seorang hakim dan setuju dengan beberapa hal yang harus dilakukan.

Salah satunya adalah menghapus postingan Weibo yang diminta ketika masih di bandara. Namun, sampai berita ini diturunkan, tidak disebutkan sama sekali apakah Michelle akhirnya berhasil pergi ke luar negeri.

Terkait

Terkini