Kamis, 26 November 2020

Mesti Telaten, Rupanya Ini Manfaat Menjahit bagi Kesehatan

Apa saja manfaat menjahit bagi kesehatan?

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi menjahit baju. (Unsplash/Volha Flaxeco)
Ilustrasi menjahit baju. (Unsplash/Volha Flaxeco)

Dewiku.com - Merajut atau menjahit seperti jadi salah satu kegiatan favorit perempuan di masa lampau. Namun, siapa sangka hobi yang kini sudah banyak ditinggalkan ini menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Apa saja manfaat menjahit bagi kesehatan?

Dilansir dari laman Medical Daily, sebuah studi menemukan bahwa merajut dan menjahit bisa membantu seseorang terlepas dari stres, rasa cemas, dan depresi. Bahkan tak sedikit yang menjadikan menjahit sebagai terapi melatih kesabaran.

Studi tersebut menganalisis 3.500 orang dengan hobi merajut atau menjahit. Hasilnya, sekitar 81 persen responden mengaku lebih bahagia dan rileks berkat kegiatan menjahit.

Para peneliti mencatat terdapat hubungan yang signifikan antara frekuensi kegiatan menjahit dan merajut dengan ketenangan. Bahkan perajut yang sering melakukan hobinya ini juga dilaporkan mempunyai fungsi kognitif yang lebih tinggi.

''Merajut memiliki manfaat psikologis dan sosial yang signifikan, yang dapat berkontribusi pada kesejahteraan dan kualitas hidup. Sebagai hobi yang membutuhkan keterampilan dan kreativitas, merajut dan menjahit memiliki potensi terapi namun membutuhkan penelitian lebih lanjut,'' kata tim peneliti.

Ilustrasi menjahit. (Unsplash/Kris Atomic)
Ilustrasi menjahit. (Unsplash/Kris Atomic)

Peneliti juga menemukan bahwa hobi positif bisa menjadi pengalih perhatian bagi pasien dengan penyakit kronis. Mereka yang menderita radang sendi, misalnya, menyatakan hobi yang dijalani dapat mengalihkan perhatian mereka dari rasa penyakit kronis yang dialami.

Sebagai alat pengalih perhatian, hobi juga dapat membantu mengurangi perasaan kesepian dan keterasingan, masalah umum yang dihadapi orang dewasa yang lebih tua. Perokok pun melaporkan bagaimana menjahit dan merajut membantu mereka mengendalikan kecenderungan untuk menghisap rokok.

Peralatan menjahit. (Unsplash/Quino Al)
Peralatan menjahit. (Unsplash/Quino Al)

Manfaat menjahit bagi kesehatan ternyata masih ada lagi. Catherine Carey Levisay, seorang neuropsikolog klinis, mengatakan bahwa menjalani hobi menjahit dan merajut juga unik karena melibatkan berbagai area otak secara bersamaan yakni memori, fokus, proses visuospatial, pemecahan masalah, dan banyak lagi.

Lalu, bagaimana hal itu bisa membuat kita merasa lebih bahagia?

''Merajut, seperti kegiatan lain yang melibatkan sesuatu dari awal, memicu pelepasan dopamin oleh otak. Ini adalah neurotransmitter yang bersifat antidepresi alami bagi kita,'' ucap Levisay menerangkan. (Suara.com/Firsta Nodia)

Terkait

Terkini