Kamis, 22 Oktober 2020

Kisah Amber Rachdi, Selebgram Cantik yang Dulu Bobotnya Hampir 300 Kg

Kisah Amber sangat menginspirasi lho.

Dinar Surya Oktarini | Rima Suliastini
cloud_download Baca offline
Amber Rachdi. (Instagram/@amberrachdi)
Amber Rachdi. (Instagram/@amberrachdi)

Dewiku.com - Dalam sebuah acara televisi berjudul 'My 600Lb Life Amber', seorang selebgram buka-bukaan tentang masa lalunya yang kelebihan berat badan dan perjuangannya mengatasi hal itu.

Amber Rachdi, wanita cantik yang pernah mengalami kelebihan berat badan bercerita jika dulu dia pernah merasa jijik dengan bentuk tubuhnya sendiri.

Dengan bobot hampir 300 kg, Amber merasa nggak percaya diri dan selalu dihinggapi perasaan cemas.

Ketika umur 5 tahun, bobot Amber sudah menyentuh angka 72 kg. Kala itu dia memiliki masalah serius karena kelebihan berat badan, salah satunya sulit berjalan.

Amber Rachdi. (Instagram/@amberrachdi)
Amber Rachdi. (Instagram/@amberrachdi)

 

Kondisi inipun membuat Amber kecil juga merasa kesulitan bersosialisasi.

Sedihnya, saat berumur 16 tahun, Amber remaja mengalami masalah kesehatan yang lebih serius hingga harus dibantu menggunakan kursi roda.

Menurut pengakuannya, selain memiliki gangguan kecemasan serius, Amber juga memiliki gangguan yang mengakibatkan dirinya sulit berhenti makan.

Hingga akhirnya pada tahun 2014 Amber bertekad untuk mengubah gaya hidup jadi lebih sehat agar kesehatannya membaik.

Kala itu Amber mengaku ragu bisa menurunkan berat badan, pasalnya jarum timbangan sudah menyentuh angka 289 kg.

Amber Rachdi. (Instagram/@amberrachdi)
Amber Rachdi. (Instagram/@amberrachdi)

 

Namun Amber sudah memutuskan sikap, sebagai permulaan Amber menjalani operasi gastric bypass untuk mengecilkan kantong lambung. Tujuannya agar dia bisa mengurangi porsi makan dan cepat merasa kenyang.

Selanjutnya Amber mulai memperhatikan pola makan. Dia lebih selektif memilih makanan yang dikonsumsi.

Sukses, bobot Amber pun susut dan beratnya mencapai kini 181 kg. Semua itu berkat kerja kerasnya selama 3 tahun terakhir.

Kini setelah bobot tubuhnya menyusut, Amber merasa hidup kembali menjadi orang yang baru. Hidupnya berubah dan dia jauh lebih percaya diri.

Amber Rachdi. (Instagram/@amberrachdi)
Amber Rachdi. (Instagram/@amberrachdi)

 

Meskipun belum sepenuhnya lepas dari prosedur media, Amber sudah merasa lebih baik. Kini dia masih harus menemui terapis untuk mengatasi masalah gangguan kecemasan.

Yup, Amber masih sering 'parno' jika mengalami kenaikan berat badan dan kini dia sudah berada dibawah pengawasan orang yang tepat.

Perlahan, Amber pun mulai dikenal sebagai selebgram, kisahnya menurunkan bobot tubuh sudah menginspirasi banyak orang. Akun Instagramnya bahkan memiliki lebih dari 121 ribu followers.

Terkait

Terkini